Bisnis

Hipmikimdo DIY Wadahi UMKM dengan Mall Online

Para pelaku UMKM perlu diberikan pelatihan tentang bagaimana meng-handle pesanan secara online hingga mengunggah foto produk mereka di mall online.

Hipmikimdo DIY Wadahi UMKM dengan Mall Online
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Hipmikimdo DIY bekerja sama dengan PT Aplikasi Karya Utama menggelar pelatihan aplikasi pada pelaku UMKM anggota Hipmikimdo untuk menyambut launching mall online Hipmikimdo Januari 2020, Rabu (17/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) DIY menggelar pelatihan aplikasi bagi UMKM, Rabu (18/12/2019) di De'Gadri Mansion, Kasihan, Bantul.

Pelatihan ini dilakukan untuk mempersiapkan launching mall online Hipmikimdo pada Januari 2020 mendatang.

Ketua DPD Hipmikimdo DIY BRAy Nuraida Joyokusumo mengatakan ada 230 UMKM yang mengikuti pelatihan dan akan masuk di mall online Hipmikimdo.

"Zaman digital ini harus ada mall online. Ada 230 UMKM yang ikut training, untuk launching Januari 2020. Selain launching mall online juga launching koperasi dan Hipmikimdo Mart," paparnya saat ditemui Tribunjogja.com.

UMKM Harus Bisa Manfaatkan Kehadiran Fintech

Menurutnya, pelatihan ini penting agar para pelaku UMKM dapat mengerti teknis dalam memasarkan produk mereka melalui market place online.

"Pelatihan ini membuat toko online, dilatih jangan sampai salah. Bagaimana dia foto-foto produknya, memasukkan di sana. Harapan kami mereka menguasai itu," ujarnya.

Sementara itu, selaku pemateri, Presiden Direktur PT Aplikasi Karya Utama Denny Aries mengungkapkan, pihaknya memberikan materi pelatihan tentang teknis pengelolaan toko online sekaligus memberikan wadah market place bagi UMKM Hipmikimdo.

"PT Aplikasi Karta Utama mempunyai produk AKU Smart Apps. Ini portal aplikasi, kami memberi fitur baru yakni market place, di dalamnya ada khusus Hipmikimdo market place," ujarnya.

Kata Denny, para pelaku UMKM perlu diberikan pelatihan tentang bagaimana meng-handle pesanan secara online hingga mengunggah foto produk mereka di mall online.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Kalau milenial kan sudah paham, kalau UMKM ini banyak yang belum mengerti. Bagaimana menghandle saat pesanan datang dan sebagainya," jelasnya.

Ia menambahkan, khusus UMKM anggota Hipmikimdo tidak ada sharing profit khusus dengan pihaknya.

"Pengelolanya 100% Hipmikimdo. Bedanya dengan market place lain, begitu buka toko akan diverifikasi Hipmikimdo sehingga tidak akan terjadi penipuan dan sebagainya," ujarnya.

Ia berharap para pelaku UMKM bisa siap untuk menyambut launching mall online Hipmikimdo nanti.

"Antusiasmenya tinggi, harapannya nanti Januari sudah siap launching," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved