Kota Yogyakarta

Lewat Aplikasi Jogja Smart Service, Perpanjangan STR Tenaga Kesehatan via Online Lebih Cepat

Lewat Aplikasi Jogja Smart Service, Perpanjangan STR Tenaga Kesehatan via Online Lebih Cepat

Lewat Aplikasi Jogja Smart Service, Perpanjangan STR Tenaga Kesehatan via Online Lebih Cepat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak hanya memudahkan warga untuk mengurus PIRT saja, keberadaan Jogja Smart Service juga bisa dimanfaatkan untuk mengurus perpanjangan surat tanda registrasi atau STR tenaga kesehatan.

Surat tanda registrasi atau STR adalah bukti kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kesehatan.

Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Murtiarti mengatakan bahwa STR dimiliki oleh dokter, ahli gizi, pelaku kesehatan lingkungan, dan sebagainya.

"STR ini sangat penting karena menjadi syarat wajib bagi tenaga kesehatan yang membuka praktik. Kalau ada SIP (Surat Izin Praktik) pasti ada STR," jelasnya.

Murti mengatakan, STR wajib diperpanjang lima tahun sekali.

Pelaku Kuliner Mudah Urus PIRT melalui Jogja Smart Service

Sebelum masuk era digital, proses perpanjangan sangat lama hingga satu tahun. Namun dengan layanan online, kini mengurus perizinan tersebut lebih mudah dan cepat.

Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan layanan daring perizinan bagi praktik tenaga medis dan tenaga kesehatan yang dapat diakses melalui Jogja Smart Service (JSS) pada Selasa (26/11).

"Tujuan kami agar pelayanan dalam mendapatkan surat izin bisa semakin cepat dan mudah, serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Tri Mardoyo.

Dijelaskannya, masyarakat akan memperoleh berbagai keuntungan saat mengurus perizinan lewat melalui JSS, yakni pendaftaran bisa dilakukan 24 jam selama tujuh hari serta masyarakat bisa mengetahui tahapan proses perizinan secara transparan.

"Semua proses pengurusan lisensi juga tidak dikenakan biaya apapun," kata dia. (Tribunjogja/Kurniatul Hidayah/Yosef Leon Pinsker)  

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved