Breaking News:

Sleman

GKR Hemas : Kehadiran Calon Independen Tanda Demokrasi Berjalan di Pilkada 2020

Anggota DPD RI GKR Hemas menganggap kehadiran calon perseorangan alias independen dalam Pilkada 2020 sangat penting.

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Anggota DPD RI GKR Hemas dan Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Anggota DPD RI GKR Hemas menganggap kehadiran calon perseorangan alias independen dalam Pilkada 2020 sangat penting.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai meninjau persiapan KPU Sleman sebagai penyelenggara Pilkada pada 23 September 2020 nanti.

"Penting karena calon untuk Pilkada tidak hanya berasal dari partai politik, supaya demokrasi tetap berjalan," kata Hemas di Kantor KPU Sleman, Kamis (19/12/2019).

Tinjau Persiapan Pilkada Sleman, Anggota DPD RI GKR Hemas Soroti Data Calon Pemilih

Hemas pun mengaku sempat bertanya pada Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi terkait kehadiran calon independen dalam Pilkada nanti.

Mengingat aturan pendaftaran bagi calon independen cenderung ketat, Hemas pun berharap KPU dan Bawaslu mampu menjalankan tugasnya, termasuk mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi.

"Sleman saya juga anggap dipenuhi banyak orang terdidik ya, jadi saya harap Pilkada nanti bisa berjalan lancar," ujarnya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Trapsi mengatakan pihaknya sudah membuka ruang konsultasi publik terkait pencalonan dari jalur independen ini. Konsultasi ini terbuka bagi masyarakat umum.

Tindak lanjut dari konsultasi ini adalah surat mandat dari calon independen yang mengutus narahubung serta operator untuk Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Nanti dua orang tersebut akan mengikuti bimbingan teknis terkait tahapan Pilkada serta bagaimana cara mengoperasikan Silon," kata Trapsi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved