Lifestyle

Arif Pamerkan Kaktus Harga Rp 60juta

Tidak banyak yang tahu kalau kaktus merupakan tanaman yang bisa dikoleksi, bahkan bisa mencapai harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Arif Pamerkan Kaktus Harga Rp 60juta
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Arif Khoirul Anwar petani sekaligus pegiat kaktus asal Jombang, Jawa Timur menunjukkan kaktus yang bernilai puluhan juta dalam Cactus and Succulent Festival 2019 di Sleman City Hall, Minggu (8/12/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tidak banyak yang tahu kalau kaktus merupakan tanaman yang bisa dikoleksi, bahkan bisa mencapai harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Satu diantaranya kaktus yang dibudidayakan oleh Arif Khoirul Anwar (37).

Dalam Kaktus and Succulent Festival yang digelar di Sleman City Hall, Sabtu (7/12/2019) dan Minggu (8/12/2019), Arif memboyong serta koleksi kaktus mahalnya, yaitu Gimunochalcium Mihanovichii Indo Clone.

Kaktus asal Indonesia tersebut rupanya menjadi incaran berbagai negara.

Festival Kaktus di Sleman City Hall Jadi Festival Indoor Pertama di Yogyakarta

"Harganya sekitar Rp60juta. Mahal karena bentuknya indah, termasuk yang langka juga ini. Banyak yang minta gennya, biasanya dari Thailand, Vietnam, Malaysia. Ya kayak minta trahnya gitu, karena memang jadi bagus sekali. Harganya juga mahal," katanya saat ditemui Tribun Jogja di SCH, Minggu (8/12/2019).

Pria asal Jombang, Jawa Timur itu menjelaskan, selain karena langka, Gimunochalcium Mihanovichii Indo Clone juga mengalami masa pertumbuhan yang sangat lambat.

Benar saja, usia kaktus yang dimilikinya sudah mencapai 22 tahun. Tak heran harga kaktus tersebut seharga kendaraan bermotor.

Harga Rp60 juta yang ia patok, ternyata tergolong murah.

Sebab ia pernah menjual kaktus dengan jenis yang sama seharga Rp130juta.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved