Prabowo Subianto Minta Pengadaan Alat Pertahanan Lebih Prioritaskan Produksi Dalam Negeri

Prabowo Subianto Minta Pengadaan Alat Pertahanan Lebih Prioritaskan Produksi Dalam Negeri

Prabowo Subianto Minta Pengadaan Alat Pertahanan Lebih Prioritaskan Produksi Dalam Negeri
KOMPAS.Com/ELSA CATRIANA
Prabowo Subianto 

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta pengadaan alat pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) memprioritaskan produk dalam negeri daripada harus impor.

Impor hanya boleh dilakukan apabila industri di dalam negeri belum bisa memproduksi alat utama sistem pertahanan (Alutsista dan Alpalhankam.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam keterangan tertulis saat membuka pameran industri Alpalhankam dalam negeri di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menilai selama ini, Indonesia terlena dengan mengandalkan impor alutsista dan Alpalhankam sehingga akhirnya menjadi pasar produk asing.

"Alpalhankam sebagai hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Selama ini Indonesia mengandalkan impor dari luar, yang membuat terlena dan tanpa disadari hanya menjadi pasar produk asing," kata Prabowo.

Pengamat Politik : Anies Baswedan Disebut Gubernur Indonesia Karena Jadi Simbol Pelawanan Politik

Impor Alutsista dan Alpalhankam ini, kata Prabowo, juga harus diimbangi dengan transfer teknologi dari negera pembuatnya kepada BUMN dan swasta yang ada di dalam negeri.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu juga meminta TNI dan jajarannya menjadi pelopor dalam penggunaan produk dalam negeri.

Semboyan NKRI harga mati harus diimplementasikan dalam wujud kecintaan kepada produk Alpalhankam dalam negeri.

Ia menambahkan, industri Alutsista dan Alpalhankam dalam negeri harus dibela dengan cara menggunakannya supaya lambat laun kualitasnya sama dengan produk asing.

"Dan Wamenhan (Wakil Menteri Pertahana) ditugasi untuk mengawasi pelaksanaan atas Kebijakan Menhan ini," tutur Prabowo.

Halaman
123
Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved