Membludak Pendaftar Kemah Pancasila Pelajar Indonesia di Tebing Breksi Sleman DI Yogyakarta

Antusias pelajar Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan mengikuti acara Kemah Pancasila Pelajar Indonesia (KPPI) sangat tinggi.

Membludak Pendaftar Kemah Pancasila Pelajar Indonesia di Tebing Breksi Sleman DI Yogyakarta
Istimewa
Kemah Pancasila Pelajar Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM  - Antusias pelajar Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan mengikuti acara Kemah Pancasila Pelajar Indonesia (KPPI) sangat tinggi.

Dalam rilis panitia yang diterima Tribunjogja.com, Selasa (3/12/2019), hingga sepuluh hari jelang acara tercatat 200-an orang pelajar SMA/SMK dari berbagai kota di Indonesia telah mendaftarkan diri secara online melalui www.rejomulia.com/kemahpancasila.

Para pelajar ini berasal dari kota Jambi, Lampung, Bengkulu, Pekanbaru, Banten, Jakarta, Bekasi, Cirebon, Bandung, Depok, Bogor, Temanggung, Blora, Klaten, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Purworejo, Wonogiri, Purbalingga, Pasuruan, Ngawi, Malang, Probolinggo, Jember, Surabaya, Tulungagung, Toraja Utara, Gorontalo dan Papua.

Mereka datang dari berbagai latar belakang organisasi pelajar seperti OSIS, Pramuka, Palang Merah Remaja, pecinta alam, wakil organisasi intra sekolah lainnya dan keterlibatan mandiri.

Jumlah diatas belum termasuk dari lingkup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Panitia terpaksa melakukan seleksi karena kuota peserta KPPI yang baru pertama kali diladakan ini sementara terbatas hanya untuk 350 orang pelajar.

Panitia sangat mengapresiasi minat peserta khususnya dari luar Jawa mengingat kehadiran mereka ke Yogyakarta bersifat swadaya mandiri. Antusiasme ini membanggaan sekaligus membesarkan harapan bahwa pelajar Indonesia menaruh perhatian tinggi terhadap eksplorasi nilai-nilai Pancasila.

KPPI diadakan oleh Yayasan Rejomulia Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) didukung Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta Dikpora DIY. Pelaksanaannya pada tanggal 13 - 14 - 15 Desember 2019 di Watu Tapak Camp Hill Tebing Breksi Prambanan Sleman Yogyakarta.

Tujuan KPPI ada tiga. Pertama menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar SMA/SMK Indonesia. Segmen pelajar SMA/SMK dipilih karena merupakan calon-calon generasi pemimpin bangsa yang perlu diperkuat perspektif idiologisnya.

Harapannya ke depan mereka memiliki sikap politik yang inklusif. Kedua sebagai upaya awal merintis pembangunan jejaring di kalangan pelajar Indonesia sehingga tercipta relasi sosial berkelanjutan gerakan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Ketiga mempersiapkan generasi baru kader penggerak Pancasila untuk menopang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melanjutkan tugas-tugas serta tanggungjawab kebangsaan lainnya.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved