Tol Solo-Yogya-Bawen Berdampak Pada Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Pemprov Siapkan Ganti

Total sawah seluas 74 ribu Ha dengan cadangan kawasan atau LP2B sekitar 104 ribu Ha terdampak proyek tol Solo-Yogya-Bawen mencapai sekitar 35,

Tol Solo-Yogya-Bawen Berdampak Pada Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Pemprov Siapkan Ganti
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Pembangunan ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, difoto dari udara, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang nantikan akan terhubung hingga Yogyakarta 

Proyek Tol Solo-Yogya-Bawen Berdampak Pada Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Pemprov Siapkan Ganti

Ruas Tol Bawen
Ruas Tol Bawen (DOKUMEN PT TMJ)

Proyek pembangunan jalan tol Solo-Yogya-Bawen nantinya akan berdampak pada Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Sleman.

Selain harus dicarikan lahan pengganti, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY juga memastikan tidak mengganggu ketahanan pangan di DIY.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan DIY Sasongko berharap, meskipun berdampak pada lahan pertanian di DIY tetapi tidak mengganggu ketahanan pangan di DIY.

Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dimana pembangunan jalan tol yang melintasi DIY dibuat melayang sehingga meminimalisir pembebasan lahan dan juga penggunaan LP2B.

Sasongko menjelaskan, hingga saat ini memang pihaknya belum mengetahui pastinya lokasi pasti untuk lahan pengganti ini.

Dia berharap lahan pengganti ini bisa tetap berada di Kabupaten Sleman. Akan tetapi, jika memang tidak ada lahan pengganti di Sleman bisa menggunakan lahan di kabupaten lain di DIY.

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut perihal kepastian lokasi areal persawahan ini. Namun, untuk total luasan lahan pertanian yang terdampak di Sleman sudah ada. Kami harapkan lahan cadangan atau penggantinya memang di satu kabupaten yaitu di Sleman, tetapi kalau lahannya kurang subur dan tidak ada lahan lagi di Sleman maka bisa pakai cadangan di kabupaten lainnya di DIY,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan menggunakan Perda DIY sebagai pedoman lahan-lahan pertanian di DIY.

Total sawah seluas 74 ribu Ha dengan cadangan kawasan atau LP2B sekitar 104 ribu Ha di DIY.

Halaman
1234
Penulis: ais
Editor: iwe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved