Yogyakarta

BMKG Akan Pasang 5 Sensor di Bandara YIA

Kelima macam alat ini difokuskan sebagai alat mitigasi bencana gempa dan tsunami.

BMKG Akan Pasang 5 Sensor di Bandara YIA
TRIBUNJOGJA/SINGGIH WAHYU N
Suasana area gerbang utama beserta jalan penghubung di dalam kawasan Bandara YIA di Temon, Kulon Progo, Jumat (2/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala BMKG, Prof Ir Dwikorita Karnawati, akan memasang lima macam sensor sebagai alat antisipasi potensi bencana di kawasan YIA.

Kelima macam alat ini difokuskan sebagai alat mitigasi bencana gempa dan tsunami.

“Pemasangan alat-alat ini memang sudah kami rencanakan sejak awal, bahkan sebelum pembangunan di mulai. Tentu tujuannya agar bandara ini aman dan penyelamatan bisa lebih maksimal jika terjadi bencana,” ungkapnya, Jumat (8/11/2019).

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Rita mengatakan, kelima macam alat sensor yang dipasang ini adalah warning receiving system atau sistem menerima informasi gempa bumi dan tsunami, intensitimeter atau alat untuk mengetahui intensitas gempa bumi dan tingkat kerusakan akibat gempa bumi.

Sensor ketiga ialah accelerograph atau alat untuk mencatat guncangan permukaan tanah yang sangat kuat dan mengukur percepatan tanah, seismograph sebagai alat untuk mencatat gempa atau getaran yang terjadi di permukaan bumi, serta earthquake early warning system atau sistem yang memberikan peringatan dini gempa bumi.

“Yang namanya bencana setiap detik sangatlah berarti untuk evakuasi. Jadi berbagai upaya kami lakukan,” paparnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved