Jawa

100 Seniman Klaten Ikuti Kolaborasi Wayang Sandosa

Wankes Kabupaten Klaten menggelar pentas seni kolaborasi Wayang Sandosa dengan lakon Kidung Asmoro Darmo petikan karya dari serat Ramayana.

100 Seniman Klaten Ikuti Kolaborasi Wayang Sandosa
Dokumentasi Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menghadiri pentas seni kolaborasi Wayang Sandosa dengan lakon Kidung Asmoro Darmo petikan karya dari serat Ramayana di Alun-alun Klaten, Kamis malam, (7/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten menggelar pentas seni kolaborasi Wayang Sandosa dengan lakon Kidung Asmoro Darmo petikan karya dari serat Ramayana di Alun-alun Klaten, Kamis malam (7/11/2019).  

Mengangkat tema, “Dengan  spirit wayang kita wujudkan tatanan, tuntunan dan tontonan bagi masyarakat Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing", pentas ini melibatkan 100 seniman lintas usia dan lintas seniman seperti seniman pedalangan, karawitan, sinden, kethoprak, tari, dan seniman multimedia.  

Ketua Panitia Hari Wayang Dunia dan Nasional Wankes Klaten, Ki Suwito Radyo, SKar dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan antara lain untuk memperingati Hari Wayang Dunia dan Nasional 2019. 

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Pentas kolaborasi ini sebagai ajang saling asah, asih dan asuh seniman tradisi pedalangan, karawitan dan tari serta memberikan media kreatifitas bagi seniman tari, kethoprak, pedalangan dan karawitan," kata Ki Suwito Radyo.

Pada pentas wayang sandosa, Wankes Klaten membuat tiga pangung utama yang dibuat menyatu.

Pentas wayang sandosa tersebut menampilkan dua dalang masing-masing Ki Gatot Purwo Pandoyo dari Karangduren Kebonarum dan Ki Haryanto Noto Carito dari Cawas.  

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, begitu pentingnya pelestarian dan pengembangan seni budaya bangsa, sehingga sampai UNESCO telah menetapkan wayang Indonesia sebagai warisan budaya dunia yang harus dilestarikan. 

"Hal tersebut juga sejalan dengan ikhtiar bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Klaten untuk mewujudkan Klaten Kota Dalang dan Klaten Kota Kethoprak," kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani juga menyerahkan hadiah festival dalang anak yang diadakan di Halaman Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten yang diadakan pada Selasa, 5 November 2019.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved