Pendidikan

Warkah, Jadi Sarjana Difabel Pertama di Prodi Biologi UIN Sunan Kalijaga

Warkah menjelaskan, kondisi khusus yang ada pada dirinya juga membuat beberapa mata kuliah harus diulangnya ataupun mendapatkan tugas tambahan.

Warkah, Jadi Sarjana Difabel Pertama di Prodi Biologi UIN Sunan Kalijaga
Istimewa
Warkah seusai menjalani ujian skripsi di Prodi Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Warkah Febrian Basrin berhasil menjadi sarjana difabel pertama di Prodi Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Warkah panggilan akrabnya, berhasil lulus sarjana setelah menyajikan hasil penelitian skripsinya yang berjudul Studi Keanekaragaman Reptil di Sekitar Sungai, Sawah, dan Hutan Samigaluh Kulon Progo.

Warkah menjelaskan, proses untuk dapat menyelesaikan studi bukanlah perjalanan yang mudah, terutama dengan keadaan khusus yang dimilikinya yaitu tuna rungu wicara.

Warkah merupakan salah satu mahasiswa difabel angkatan 2013.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta Ajak Anak-anak Difabel dari SLB Negeri 1 Bantul Naik Kereta Api

Menurutnya, di tahun-tahun awal masa studinya, dirinya mengalami kesulitan berkomunikasi dengan para dosen ataupun teman-temannya, sehingga membuatnya terasing dari teman-teman seangkatannya.

Selain itu, Warkah juga sedikit mengalami masalah dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Sehingga dibutuhkan usaha yang lebih baik dari para dosen dan teman-temannya untuk dapat mengerti kalimat yang dituliskan atau diucapkan oleh Warkah.

Namun, setelah bergabung dengan Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga, Warkah merasa banyak teman untuk sharing dan saling belajar memahami pesan atau informasi dengan bahasa isyarat.

"PLD juga memberi relawan pendamping untuk membantu belajar di kelas dan berkegiatan baik di kampus maupun di luar kampus. Namun terkadang pendamping dari PLD bukan dari Prodi Biologi, sehingga terkadang ada perbedaan pemahaman," ungkapnya.

Warkah menjelaskan, kondisi khusus yang ada pada dirinya juga membuat beberapa mata kuliah harus diulangnya ataupun mendapatkan tugas tambahan.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved