Hari Ini Hari Terakhir Job Fair Klaten, Ada Puluhan Perusahaan Buka Lowongan Kerja

Hari Rabu 30 Oktober 2019 ini adalah hari terakhir penyelenggaraan Klaten Job Market Fair atau bursa tenaga kerja Kabupaten Klaten 2019

Hari Ini Hari Terakhir Job Fair Klaten, Ada Puluhan Perusahaan Buka Lowongan Kerja
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Ilustrasi Job Fair 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Hari Rabu 30 Oktober 2019 ini adalah hari terakhir penyelenggaraan Klaten Job Market Fair atau bursa tenaga kerja Kabupaten Klaten 2019. Job fair yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena Klaten ini dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu, 29 dan 30 Oktober 2019.

"Job Market Fair bertujuan membantu proses bertemunya pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara lebih efektif dengan memberikan pelayanan langsung dan terbuka pada waktu tertentu dan dalam suatu tempat tertentu," kata Kepala Disperinaker Kabupaten Klaten, Sartiyasto.

Alokasi CPNS 2019 untuk DIY hanya 3.086 Formasi

Jumlah stand ada 50 stand terdiri dari berbagai perusahaan baik yang ada di dalam maupun di luar Kabupaten Klaten dengan perincian perusahaan antar kerja antar lokal ada 28 perusahaan dengan tujuan penempatan di dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dijelaskan, perusahaan tersebut seperti industri plastik, industri retail dan perdagangan, industri rokok, industri otomotif, industri farmasi dan kesehatan, sektor jasa Telkom, industri garmen dan pakaian jadi, sektor keuangan, bank dan koperasi, perusahaan penerbitan dan percetakan. 

Kemudian sektor industri tekstil, sektor pertanian, perusahaan asuransi, lembaga penempatan TKI dan industri furniture. 

"Perusahaan antar kerja antar negara sebanyak 5 perusahaan dengan tujuan penempatan ke luar negeri seperti ke Taiwan, Malaysia dan Hongkong. Kemudian ada satu stand dari Polres Klaten yang menginformasikan pendaftaran polisi taruna,  bintara, dan tamtama," kata kata Sartiyasto.

Menurut Sartiyasto, seluruh perusahaan peserta bursa tenaga kerja telah melalui proses seleksi panitia yang meliputi  bukan perusahaan outsourcing, kelengkapan dokumen perizinan perekrutan tenaga kerja, upah / gaji dan fasilitas bagi tenaga kerja dan kejelasan kelanjutan penempatan tenaga kerja. 

OPD Klaten Serius Tangani Manajemen Kearsipan Sambut Audit

Ribuan lowongan pekerjaan yang dibuka meliputi posisi jabatan yang bervariasi seperti tenaga produksi, tenaga usaha jasa, tenaga usaha penjualan, tenaga tata usaha, tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan serta tenaga teknisi. 

Sartiyasto menambahkan, target pengunjung pada bursa tenaga kerja sebanyak 2.500 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan mulai lulusan SD sampai perguruan tinggi dan target penempatan tenaga kerja selama bursa tenaga kerja sebanyak 750 orang. 

Untuk itu kegiatan peserta job market fair antara lain penerimaan berkas lamaran kerja serta seleksi awal seperti tes tertulis dan wawancara.

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved