Jawa

Surat Edaran ASN Mesti Bawa Botol Minum, Langkah Pemkot Magelang Kurangi Plastik

Isinya menghimbau ASN, baik staf atau pejabat, untuk membawa botol minum (tumbler) sendiri ke kantor, tanpa ada minuman kemasan plastik.

Surat Edaran ASN Mesti Bawa Botol Minum, Langkah Pemkot Magelang Kurangi Plastik
Dok Humas Pemkot Magelang
Walikota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono, tampak membawa botol minum atau tumbler dalam Rapat Koordinator Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan III tahun anggaran 2018 di Gedung Kyai Spanjang Kota Magelang, Senin (21/10/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang mengeluarkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Magelang.

Isinya menghimbau ASN, baik staf atau pejabat, untuk membawa botol minum (tumbler) sendiri ke kantor, tanpa ada minuman kemasan plastik.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kota Magelang, Otros Trianto, menyatakan, pihaknya sebelumnya telah menerbitkan surat edaran tersebut kepada para pejabat dan ASN yang ada di lingkungan Pemkot Magelang.

SE tersebut berupa himbauan bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dari minuman kemasan plastik.

Periskapura I Turut Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

"Kami mengeluarkan surat edaran (SE) yang berisi tentang imbauan pada pejabat dan aparat sipil negara (ASN) untuk menggunakan tumbler sendiri ke kantor. Imbauan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang berasal minuman kemasan dan sejenisnya," kata Otros, Senin (21/10/2019).

Langkah ini memang tidak dapat 100 persen menghilangkan penggunaan plastik, tetapi dengan cara ini, sampah plastik dapat dikurangi.

Selain itu para ASN dapat lebih sadar akan lingkungan dan membudayakan budaya ramah lingkungan di lingkungan kerja.

Pejabat pun memberikan contoh kepada para bawahan untuk melakukan hal serupa.

"Para pejabat di lingkungan Pemkot Magelang bisa menjadi contoh bagi bawahannya, untuk mengganti minuman kemasan dengan tumbler yang bisa diisi ulang. Kalau ada acara/kegiatan bisa pakai gelas. Memang tidak bisa langsung 100 persen tapi minimal kita ada upAaya peduli dengan lingkungan," ucapnya.

Pelajar SMA Negeri 1 Klaten Lukis Wajah Bupati Klaten dari Sampah Plastik

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved