3 Destinasi Curug Gratis di Yogyakarta, Alternatif Wisata Alam Penuh Gemericik Air

Wisata alam di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Mulai dari pantai, pegunungan hingga jajaran batu-batu alam selalu bisa menjadi pilihan pemirsa.

3 Destinasi Curug Gratis di Yogyakarta, Alternatif Wisata Alam Penuh Gemericik Air
instagram.com/dolansamigaluh
3 Destinasi Curug Gratis di Yogyakarta, Alternatif Wisata Alam Penuh Gemericik Air 

TRIBUNJOGJA.COM - Wisata alam di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Mulai dari pantai, pegunungan hingga jajaran batu-batu alam selalu bisa menjadi pilihan pemirsa.

Namun, ada satu jenis wisata yang tak boleh Anda lewatkan, yakni wisata ke sebuah curug atau air terjun jika diartikan dari bahasa Jawa.

Biasanya, wisata ke curug ini tidak dipungut biaya, hanya sekedar biaya parkir yang terjangkau. Mau tahu wisata curug mana saja yang bisa dikunjungj bersama orang terkasib? Simak list di bawah:

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi ketika wisatawan berlibur ke Yogyakarta adalah Air Terjun Kedung Pedut yang terletak di Kulonprogo Mungkin nama itu masih terdengar asing, tetapi curug tersebut memberikan keindahan panorama alam yang berbeda dari destinasi lainnya.

Uniknya, air terjun ini seolah-olah memiliki dua warna air, yakni hijau tosca dan putih. Bagi Anda yang belum pernah kesana, mungkin tidak percaya, tetapi warna air terjun itu ternyata benar-benar asli tanpa sentuhan Photoshop lho!

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (tribunjogja/hamimthohari)

Bagaimana bisa? Tentu bisa karena pengaruh batuan dasar sungai yang larut dengan air perlahan. Itu alasannya kenapa warna air kedung bisa berubah-ubah. Mendengar gemericik air yang segar membuat Anda ingin berenang bukan? Di sini, wisatawan diperbolehkan untuk berenang, melepaskan penat usai menghadapi pekerjaan.

Perlu diperhatikan, kolam renang di Air Terjun Kedung Pedut adalah kolam alami. Artinya, terbentuk oleh faktor alam, sehingga tak ada campur tangan manusia di situ. Dengan begitu, kedalaman kolam acapkali berbeda, ada yang dua meter, adapula yang tiga meter.

Untuk itu, bagi Anda yang membawa buah hati ke daerah ini, perlu diperhatikan keselamatannya. Lebih baik jika tidak berenang dan hanya menenggelamkan diri di kubangan saja.

2. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang
Air Terjun Luweng Sampang (eksotisjogja.blogspot.com)
Halaman
123
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: mon
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved