Lagi, Viral Foto Kuda Penarik Andong Terjatuh di Jogja

Video dan foto kuda terjatuh saat menarik andong berulang kali terjadi di Jalan Malioboro.

Penulis: Dwi Latifatul Fajri | Editor: Rina Eviana
Instagram @jalanmalioboro
Foto kuda terjatuh di Jalan Malioboro 

Lagi, Viral Foto Kuda Penarik Andong Terjatuh di Jogja

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Dwi Latifatul Fajri

TRIBUNJOGJA.COM - Video dan foto kuda terjatuh saat menarik andong berulang kali terjadi di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Termasuk foto yang dibagikan di Instagram @jalanmalioboro. Kuda putih tersebut terjatuh terkulai di pinggir jalan. Warga sekitar dan pengendara terlihat membantu merapikan jalan.

Sementara kusir mencoba membangunkan kuda yang jatuh tersungkur di jalan.

Dalam caption foto, admin Instagram @jalanmalioboro berharap kuda dapat dirawat dengan baik oleh keluarga pemilik andong. Supaya kuda sehat dan terawat.

"Photo ini menceritakan betapa capeknya seekor kuda untuk bisa memenuhi nafkah keluarganya Pak Kusir,mohon teman teman semuanya beri masukkannya di "KOLOM KOMENTAR" agar peristiwa kuda capek ini tidak terulang lagi karena sudah berulang kali terjadi di @jalanmalioboro" tulis @jalanmalioboro.

Sebelumnya, video kuda terjatuh saat menarik andong pernah terjadi di seputaran Alun-alun Utara pada Kamis (1/8/2019) dan viral di media sosial.

Tidak banyak yang mengetahui kronologi kejadian, namun dipastikan kuda tersebut kelelahan karena membawa banyak penumpang.

Warganet memberikan kritik dan merasa iba pada kuda-kuda yang kelelahan membawa penumpang.

Akun Instagram Animal Friends Jogja memberikan riset dari berbagai pihak terkait yang menyebabkan kuda sering terjatuh. Penyebabnya antara lain:

1. Jalan Malioboro yang padat membuat kendaraan bermotor dan mobil tidak segan-segan mengambil jalan sampai membuat kuda andong kaget.

2. Klakson yang dimodifikasi bersuara besar seperti klakson angin. Suara klakson angin menjadi bunyi asing bagi kuda. sehingga dapat mengagetkan kuda.

3. Bentuk jalan di titik 0 kilometer, terbuat dari batu granit. Batu granit merupakan medium licin. Jalan licin ini sering kali membuat kuda terselip dan jatuh.

Kemiringan jalan pada sisi kanan dan kiri berbahaya bagi kuda.

4. Tapel kuda mengandung terlalu banyak baja. Atau besi tapel sudah terlalu tipis.

5. Wisatawan yang berfoto dengan kuda menggunakan lampu blitz yang bisa membuat kuda kaget, melarikan diri, menabrak kaca, hingga akhirnya mati.

( Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved