Kulon Progo

Komitmen Kembangkan UMKM, Pemkab Kulon Progo Raih Natamukti Award 2019

Kulon Progo menjadi satu di antara 41 kabupaten dan kota yang terseleksi dan dianugerahi penghargaan tersebut.

Komitmen Kembangkan UMKM, Pemkab Kulon Progo Raih Natamukti Award 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Organisasi non profit dunia, International Council for Small Business (ICSB) menganugerahkan Natamukti Award 2019 kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Wilayah kabupaten terbarat di DIY ini dinilai punya komitmen dan integritas tinggi dalam upaya pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kulon Progo menjadi satu di antara 41 kabupaten dan kota yang terseleksi dan dianugerahi penghargaan tersebut.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, Senin (7/10/2019) di Jakarta.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Sutedjo dalam keterangan tertulisnya mengatakan penghargaan itu menjadi motivasi bagi Pemkab Kulon Progo untuk lebih meningkatkan langkah pembinaan UMKM agar lebih berkembang.

Sejauh ini, Pemkab memang terus berupaya memerhatikan sektor UMKM melalui beberapa program.

Di antaranya membuat Peraturan Daerah tentang penataan toko modern berikut perlindungan pasar rakyat, pasar tradisional, serta akuisisi toko modern oleh koperasi menjadi Toko Milik Rakyat (Tomira).

Pun saat ini produk UMKM Kulon Progo sudah terhitung 'naik kelas' dengan terpajang di toko modern tersebut dan sebagian lagi dijajakan di gerai penjualan yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Peringatan Hari Jadi ke-68 Kabupaten Kulon Progo Dimeriahkan Berbagai Acara

"Dengan demikian, berarti banyak produk UMKM yang bisa terpasarkan dan ter-publish dengan baik. Tantangannya sekarang adalah mengembangkan lebih maksimal yang sudah on the track ini sehingga smekain banyak UMKM dengan produk berkualitas dan bisa masuk pasar lebih luas lagi," jelas Sutedjo.

Dalam pengantar di acara penganugerahan itu, Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh kepala daerah kabupaten dan kota yang terpilih menerima penghargaan Natamukti 2019.

Penghargaan ini menurutnya jadi momentum yang penting dan strategis dalam menguatkan sinergi empat pilar (pemerintah, akademisi, peneliti, dan pelaku usaha) untuk secara simultan bergerak mencapai tujuan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved