Breaking News:

Ini Janji-Janji Pimpinan DPRD Kulon Progo yang Baru Dilantik

Struktur pimpinan DPRD Kulon Progo untuk masa jabatan 2019-2014 sama sekali tak berubah dari periode sebelumnya.

Tribun Jogja/Suluh Prasetyo
Nikmati sajian Harian Tribun Jogja hari ini 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Struktur pimpinan DPRD Kulon Progo untuk masa jabatan 2019-2014 sama sekali tak berubah dari periode sebelumnya. Tiga sosok legislator petahana kembali menempati posisi yang sama.

Ketiganya yakni Akhid Nuryati dari PDI Perjuangan di posisi ketua dewan, Ponimin Budi Hartono dari PAN sebagai wakil ketua I, dan Lajiyo Yok Mulyono dari Gerindra sebagai wakil ketua II. Mereka resmi dilantik sebagai pucuk pimpinan definitif setelah menjalani prosesi pengambilan sumpah dan janji, Selasa (1/10) di Gedung DPRD Kulon Progo.

Meski begitu, Akhid berjanji kinerja legislatif ke depan akan lebih optimal dan progresif dalam fungsi pengawasan kinerja pemerinah daerah. Anggota dewan juga dituntut bekerja cepat menyelesaikan pekerjaan rumah, termasuk penyusunan tata tertib dewan. Ia menyebut pasar-pasal dalam tartib itu lebih rigid dan akomodatif disertai penjelasan detail atas setiap teknis tahapan pembahasan anggaran maupun pembentukan aturan daerah. 

"Setelah penetapan ketua deginitif, selanjutnya digelar rapat paripurna penentuan alat kelengkapan dan tatib. Kami targetkan minggu depan (pekan kedua Oktober) bisa selesai," kata Akhid seusai acara.

Pihaknya bertekat agar DPRD periode ini bisa lebih berperan memajukan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, baik melalui fungsi penganggaran, pengawasan, maupun legislasi. Adanya sejumlah program pembangunan nasional di Kulon Progo, seperti Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan pelabuhan diharapkannya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekaligus membawa peran aktif masyarakat di dalamnya.

"Dengan hadirnya bandara dan pelabuhan, masyarakat harus lebih sejahtera dan bisa berperan serta dalam pembangunan,"kata Akhid.

Berita selengkapnya, simak di edisi cetak Tribun Jogja hari ini. (*) 

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved