Bisnis

BI DIY Sebut Sektor Properti DIY Tumbuh Moncer

Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI KPw) DIY menjelaskan, perkembangan penyaluran kredit khususnya kredit pemilikan rumah (KPR) di wilayah setempat m

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Ari Nugroho
internet
Bank Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI KPw) DIY menjelaskan, perkembangan penyaluran kredit khususnya kredit pemilikan rumah (KPR) di wilayah setempat menunjukkan tren meningkat dari waktu ke waktu.

Kepala BI KPw DIY, Hilman Tisnawan menguraikan, penyaluran kredit oleh sejumlah perbankan masih didominasi oleh KPR dengan pangsa pasar mencapai 18.7% dari total kredit konsumsi rumah tangga.

"Kondisi itu lebih tinggi dibanding triwulan kedua yang sebesar 16.28%," jelas Hilman kepada Tribun Jogja, Selasa (24/9/2019).

Bank Indonesia Sempurnakan Kebijakan SKNBI untuk Mudahkan Transaksi Nominal Besar

Adapun realisasi KPR per Agustus 2019 tumbuh di angka 20,43% yang mana didominasi oleh KPR tipe 21.

Sedangkan untuk segmen KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), kondisi per Agustus 2019 tumbuh lebih tinggi lagi dibandingkan segmen KPR.

"Kalau KPA tumbuhnya sebesar 43.25%," ucapnya.

Hilman mengatakan, kondisi itu merupakan imbas dari sejumlah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam merangsang pertumbuhan sektor properti.

Selain itu, kebijakan pelonggaran loan to value (LTV) yang diterapkan pada tahun 2018 lalu juga ikut membantu.

Bank Indonesia Sebut Inflasi Bulan Juni di DIY Tergolong Rendah

Meskipun, REI DIY menyebut bahwa sektor properti tumbuh agak melambat bahkan seret pada tahun ini, Hilman mengklaim, bahwa sektor properti di wilayah Yogyakarta sudah merasakan dan tumbuh positif akibat berbagai kebijakan yang diberikan pemerintah.

"Jadi sebenarnya penurunan suku bunga acuan dan pelonggaran LTV/FTV untuk pembiayaan properti sudah menunjukkan hasilnya di Yogya. Kita semakin optimistis, sektor itu akan semakin tumbuh dengan adanya pelonggaran kembali," tukasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved