BREAKING NEWS: Merapi Semburkan Awan Panas Setinggi 800 Meter, Wilayah Turi Diguyur Hujan Abu Tipis

Merapi Semburkan Awan Panas Setinggi 800 Meter, Wilayah Turi Diguyur Hujan Abu Tipis

BREAKING NEWS: Merapi Semburkan Awan Panas Setinggi 800 Meter, Wilayah Turi Diguyur Hujan Abu Tipis
twitter BPPTKG
Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran dan guguran lava pada Kamis (7/2/2019) petang tepatnya pada pukul 18.28 WIB. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Minggu (22/09/2019) sekitar pukul 11.36 WIB. Peristiwa tersebut dilaporkan oleh BPPTKG melalui akun Twitter resminya.

Menurut BPPTKG, awan panas menyembur dari kawah Merapi setinggi 800 meter ke udara. Letusan tersebut terjadi selama 125 detik dengan amplitudo 70 mm.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan menginformasikan bahwa hujan abu tipis terjadi sebagai dampak dari letusan tersebut.

"Hujan abu tipis dilaporkan terjadi di wilayah Tunggul Arum, Wonokerto, Turi. Namun saat ini sudah berangsur-angsur hilang," kata Makwan melalui pesan singkat siang ini.

Keluarkan Letusan Setinggi 800 Meter, Status Gunung Merapi Masih Waspada Level 2

Menurut Makwan, hujan abu tipis terjadi sekitar pukul 12.30 WIB hingga mendekati pukul 13.00 WIB siang. Abu awalnya bertiup ke arah barat lalu berubah menuju arah barat laut.

Terkait situasi ini, Makwan memastikan bahwa tidak ada kepanikan dari warga. Saat ini pun situasi sudah kondusif, aman, dan terkendali.

Ia pun memastikan masker masih belum dibutuhkan oleh warga lantaran hujan abu masih terbilang tipis.

"Stok masker di Tunggul Arum masih cukup, jika kurang akan ditambahkan dari Posko BPBD," jelas Makwan.(Tribunjogja I Alexander Ermando)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved