Breaking News:

Pengguna Jalan Diminta Patuhi Rambu di Perlintasan Kereta Api Sebidang

Acara ini digelar di perlintasan sebidang yang berada di bawah jembatan layang Lempuyangan.

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah
Petugas dari PT KAI Persero Daop 6 Yogyakarta membagikan bunga dalam sosialisasi keselamatan berlalulintas di perlintasan sebidang, Selasa (17/9/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim gabungan yang terdiri dari PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Polda DIY, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan DIY, dan Pecinta Kereta Api melakukan sosialisasi keselamatan berlalulintas di perlintasan kereta api, Selasa (17/9/2019).

Acara ini digelar di perlintasan sebidang yang berada di bawah jembatan layang Lempuyangan.

Pada kesempatan tersebut, tim gabungan memberikan stiker dan bunga kepada pengguna kendaraan bermotor yang menunggu palang perlintasan kereta api dibuka.

Sembari menunggu kereta api melintas mereka diminta untuk selalu menaati rambu yang ada di perlintasan kereta api, terutama untuk tidak menerobos palang perlintasan kereta api yang sudah diturunkan.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, menjelaskan bahwa jumlah perlintasan yang berada di Daop 6 Yogyakarta adalah 445 perlintasan.

Adapun wilayah Daop 6 Yogyakarta meliputi Yogyakarta, Klaten, Solo, Purworejo, dan Sragen.

"Dari jumlah tersebut, 240 perlintasan di antaranya tanpa penjaga dan rambu, 120 perlintasan ada penjaga dan rambu, 58 perlintasan tidak resmi, dan 27 perlintasan tidak sebidang baik flyover dan underpass," urainya, di sela-sela kegiatan sosialisasi.

Eko mengatakan, perlintasan tanpa penjaga ke depan harus ditutup sesuai dengan Undang-Undang nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian yakni pada Pasal 1 untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup.

Sementara pada Pasal 2 dijelaskan bahwa penutupan dilakukan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved