Pendidikan

Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP Program Umum

Pemerintah Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pendidikan yang diimplementasikan dengan menyediakan beasiswa melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidik

Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP Program Umum
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Pameran U.S. Graduate Fair 2019" pada Senin (16/9/2019) di Hotel Marriot Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pendidikan yang diimplementasikan dengan menyediakan beasiswa melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa tersebut dapat diakses oleh semua kalangan yang memenuhi persyaratan.

13 Jenis Beasiswa LPDP Tahap II Tahun 2019 Telah Dibuka, Berikut Jadwal Seleksinya

Adapun persyaratan umumnya yakni:
1. Warga Negara Indonesia 
2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2) dengan ketentuan sebagai berikut:
-Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
-Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
-Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi. 
3. Tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) ataupun doktoral (untuk pendaftar program doktoral) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri.
4. Melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi sumber daya  manusia bagi yang sedang bekerja (format  dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumenn)
5. Melampirkan Surat Keterangan sehat yang   masa berlakunya paling lama 6 (enam) bulan terhitung dari tanggal diterbitkannya sampai tanggal penutupan  pendaftaran setiap periode, dengan ketentuan sebagai berikut 
- Surat Keterangan sehat jasmani yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik; 
- Surat Keterangan bebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik/Badan/ Lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba; 
- Surat Keterangan bebas dari TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik, khusus untuk pendaftar dengan tujuan perguruan tinggi luar negeri;
6. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen)
7.  Memilih program studi dan Perguruan Tinggi Tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP
8. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa
9. Memenuhi persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;
10. Ketentuan pada angka 9 dikecualikan  bagi pendaftar yang menyelesaikan studi dari perguruan tinggi Iuar negeri dengan  bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai berikut: 
- Bahasa Inggris untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara tersebut; 
- Bahasa Arab untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara tersebut; 
- Bahasa Perancis hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Perancis; 
- Bahasa Rusia hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Rusia; 
- Bahasa Spanyol hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Spanyol; atau 
- Bahasa Cina/Mandarin untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Cina/Mandarin sebagai bahasa resmi negara tersebut. 
11. Pendaftar yang memenuhi ketentuan   sebagaimana ketentuan pada angka 10, wajib melampirkan salinan ijazah sebagai pengganti peryaratan bahasa, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijazah diterbitkan.
12. Pendaftar program magister dan  doktoral Iuar negeri yang negara tujuan studinya tidak berbasis Bahasa Inggris harus mengikuti persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku di negara perguruan tinggi tujuan atau sesuai daftar persyaratan minimaI kompetensi bahasa asing selain Bahasa Inggris sebagaimana terlampir.
13.Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas- kelas sebagai berikut

LPDP Buka Beasiswa Bagi Lulusan S1 dan S2, Berikut Persyaratan dan Cara Daftarnya

-Kelas Eksekutif 
-Kelas Khusus
-Kelas Karyawan
-Kelas Jarak Jauh 
-Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
-Kelas Internasional khusus Tujuan Dalam Negeri
-Kelas yang diselenggarokan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi 
14. Melampirkan rencana studi bagi program magister berdasarkan silabus/kurikulum program studi tujuan 
15. Menulis proposal studi baik pendaftar jenjang pendidikan magister maupun doktoral  16.Melampirkan Proposal Penelitian bagi   pendaftar program doktoral

Sedangkan tahapan seleksi berupa seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer dan seleksi wawancara.

Kepala Divisi Seleksi dan Rekrutmen LPDP Rumtini mengungkapkan, hingga saat ini ada sekitar 20 ribu yang sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa LPDP baik dalam maupun luar negeri.

"Sebetulnya setiap tahunnya selama ini belum ada angka tetap ya, tetapi kita menetapkan 4000-6000 (penerima beasiswa) setiap tahun," ujarnya dalam acara "U.S. Graduate Fair 2019" pada Senin (16/9/2019) di Hotel Marriot Yogyakarta.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved