Bisnis

Lion Air Grup Alihkan Seluruh Penerbangan Dari dan Menuju Samarinda ke Balikpapan

Lion Air Group terpaksa mengalihkan seluruh rute maskapai penerbangannya dari dan menuju Samarinda ke wilayah Balikpapan akibat dampak kebakaran hutan

Lion Air Grup Alihkan Seluruh Penerbangan Dari dan Menuju Samarinda ke Balikpapan
Istimewa
Ilustrasi: Pesawat Lion Air 

TRIBUNJOGJA.COM - Lion Air Group terpaksa mengalihkan seluruh rute maskapai penerbangannya dari dan menuju Samarinda ke wilayah Balikpapan akibat dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kian parah.

Seluruh operasional baik itu maskapai Lion Air, Wings Air dan Batik Air dilaporkan akan dipindahkan dari dan menuju Samarinda melalui Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Kalimantan Timur (AAP) ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN).  

"Pengalihan seluruh jaringan penerbangan domestik dari dan menuju Samarinda dimulai hari ini (16/ 9) sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dikutip dari keterangannya Senin (16/9/2019).

Terdampak Kabut Asap, Lion Air Group Tunda hingga Batalkan Penerbangan ke Wilayah Ini

Danang menyebut, perubahan rute tersebut hanya bersifat sementara hingga kondisi cuaca di Samarinda membaik.

Keputusan ini disebabkan cuaca buruk berupa kabut asap yang terjadi.

Keadaan tersebut mengakibatkan jarak pandang pendek dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas ataupun mendarat.

Total ada 25 penerbangan yang akan dialihkan dan akan efektif per Selasa (17/9/2019).

Langkah ini pun dipilih guna tetap menyediakan layanan penerbangan yang masih dapat diakses atau dijangkau meskipun terhalang kabut asap.

Dengan demikian, setiap tamu, pelanggan, wisatawan, pebisnis serta masyarakat dari dan menuju Kalimantan Timur memiliki alternatif perjalanan udara.

"Kami juga informasikan kepada seluruh penumpang yang mempunyai jadwal penerbangan dengan tujuan Samarinda dan dari Samarinda untuk melaporkan ke petugas layanan di bandar udara. Lion Air Group juga memfasilitasi proses pengembalian dan perubahan jadwal keberangkatan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku," pungkas Danang. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved