Pendidikan

Tanoto Foundation Latih Siswa Menjadi Generasi Penulis dan Penemu Melalui Program PINTAR

Tanoto Foundation berkomitmen untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Indonesia melalui beberapa program yang telah dijalankannya.

Tanoto Foundation Latih Siswa Menjadi Generasi Penulis dan Penemu Melalui Program PINTAR
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
penerapan program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) kepada siswa SMPN 1 Yogyakarta, Jumat (13/9/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tanoto Foundation berkomitmen untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Indonesia melalui beberapa program yang telah dijalankannya.

Salah satunya melalui program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) yang pada kesempatan ini diterapkan kepada siswa SMPN 1 Yogyakarta, Jumat (13/9/2019)

Program ini berfokus pada kekhasan karakter mata pelajaran dan bertujuan untuk menghasilkan generasi penulis dan penemu.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UGM Perpanjang Kemitraan dengan Tanoto Foundation

Wakil Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati menyampaikan program ini juga melatih 180 orang fasilitator dari Jawa Tengah dan Kalimantan Timur.

"Khusus untuk SMP kami mengadakan praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS," kata dia.

Ia melanjutkan, program PINTAR ini memiliki dua modul. Pada modul pertama fokus pada kemampuan metodologi dalam pembelajaran.

Sementara pada modul kedua mendorong agar produk-produk pembelajaran mengarah pada karya-karya tulis dan penemu sesuai dengan karakter mata pelajarannya.

"Program PINTAR berfokus pada peningkataan numerasi, literasi dan sains," ungkapnya

Kepala Pelatihan Sekolah dan Guru Program PINTAR Tanoto Foundation Ujang Sukandi,  menuturkan setiap mata pelajaran memiliki karakter keterampilan dan proses tersendiri yang perlu dilatihkan secara berkelanjutan kepada siswa.

Orasi Ilmiah Sri Sultan HB X: Pendidikan Khas Ke-Jogja-an Kedepankan Konsep Pertumbuhan Anak

Misalnya, dalam pembelajaran matematika yang berciri melatihkan siswa keterampilan matematika seperti penalaran, pembuktian, representasi, koneksi, komunikasi dan proses seperti penyelidikan, penemuan dan pemecahan masalah.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved