Nasional

BATAN Kenalkan Aplikasi Teknologi Nuklir

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan kegiatan ini diharapkan banyak masyarakat yang mengetahui manfaat teknologi nuklir untuk kesejahteraa

BATAN Kenalkan Aplikasi Teknologi Nuklir
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bekerjasama dengan Perhimpunan Kedokteran Nuklir Indonesia (PKNI) menggelar Indonesia Nuclear Expo (NEXPO) 2019 di Hotel Royal Ambarrukmo, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Untuk mengenalkan aplikasi teknologi nuklir kepada masyarakat, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bekerjasama dengan Perhimpunan Kedokteran Nuklir Indonesia (PKNI) menggelar Indonesia Nuclear Expo (NEXPO) 2019 di Hotel Royal Ambarrukmo, Jumat (6/9/2019).

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan kegiatan ini diharapkan banyak masyarakat yang mengetahui manfaat teknologi nuklir untuk kesejahteraan manusia.

"Harapannya banyak masyarakat mengetahui aplikasi iptek nuklir di berbagai bidang, khusunya aplikasi di bidang non energi," ujar Anhar.

Radiasi Nuklir Tidak Kasat Mata Jadi Tantangan Utama

Sementara itu, Penanggung Jawab Kegiatan, Edy Giri Rachman Putra mengatakan, Indonesia NEXPO 2019 merupakan kegiatan yang mengenalkan hasil litbang unggulan BATAN kepada masyarakat.

"Teknologi nuklir saat ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, diantaranya pertanian, kesehatan, industri dan lingkungan," ujarnya.

Khususnya di bidang kedokteran, aplikasi teknologi nuklir dapat dimanfaaatkan untuk pemeriksaaan diagnostik dan terapi yang memiliki keunggulan lebih dibanding pengobatan konvensional.

Cindy Tertantang untuk Mempelajari Nuklir Lebih Dalam

Di bidang kimia, aplikasi iptek nuklir digunakan untuk melakukan analisis unsur, titrasi radiometri, nuclear dating serta analisis radioaktivitas lingkungan.

"Aplikasi di bidang kimia ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya perguruan tinggi dan lembaga penelitian," tuturnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved