Yogyakarta

Disbud DIY Berharap Keraton dan Kadipaten Berperan Atasi Masalah Intoleransi

Keraton sebagai simbol kultural memiliki sikap akomodatif terhadap perbedaan dan jangkar bagi toleransi di daerahnya.

Disbud DIY Berharap Keraton dan Kadipaten Berperan Atasi Masalah Intoleransi
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho mendukung dan memfasilitasi peserta yang akan berangkat untuk Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII.

Total delegasi yang diberangkat ke FKN 2019 ini adalah sejumlah 181 orang yang terdiri dari 84 orang delegasi Keraton Yogyakarta, 65 orang delegasi Kadipaten Pakualaman, dan 32 orang perwakilan Disbud DIY.

Menurutnya, hadirnya Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman dalam FKN XIII ini merupakan ajang silaturahmi dengan para penjaga budaya perekat bangsa.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Adanya ajang ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan dorongan bagi Keraton seluruh nusantara agar berperan aktif menjaga dan merawat kebhinnekaan serta mencegah disintegrasi bangsa di daerahnya masing-masing melalui budaya.

Dia juga menjelaskan, Keraton dan Kadipaten diharapkan lebih berperan untuk mengatasi masalah intoleransi.

“Keraton sebagai simbol kultural memiliki sikap akomodatif terhadap perbedaan dan jangkar bagi toleransi di daerahnya,” paparnya.

Tari Lawung Ciptaan Sultan HB X Akan Ditampilkan di Festival Keraton Nusantara XIII

Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara di Luwu dan sudah melihat lokasi.

Tiket pesawat, hotel, dan transportasi darat sudah dipersiapkan meliputi transportasi keberangkatan, transportasi selama kegiatan berlangsung, serta transportasi kepulangan.

“Dukungan ini merujuk pada Amanat Perdais 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Objek Kebudayaan, khususnya tradisi luhur. Untuk persiapannya pun sudah mencapai 90 persen. Dalam hal ini, Disbud DIY turut memfasilitasi perihal akomodasi selama kegiatan berlangsung,” jelasnya. (*)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved