Jawa

Pelaku Budidaya Ikan di Kota Magelang Dilatih Bikin Pakan Ikan Berbahan Lokal dan Bermutu Tinggi

Para petani dan pelaku budidaya ikan air tawar di Kota Magelang dilatih untuk membuat pakan ikan berbahan baku lokal secara mandiri.

Pelaku Budidaya Ikan di Kota Magelang Dilatih Bikin Pakan Ikan Berbahan Lokal dan Bermutu Tinggi
istimewa
Para petani dan pelaku budidaya ikan air tawar di Kota Magelang dilatih untuk membuat pakan ikan berbahan baku lokal secara mandiri di Aula Disperpa Kota Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Para petani dan pelaku budidaya ikan air tawar di Kota Magelang dilatih untuk membuat pakan ikan berbahan baku lokal secara mandiri.

Mereka dilatih agar dapat memanfaatkan bahan lokal untuk memproduksi pakan ikan dengan biaya murah tetapi berkualitas tinggi.

"Kami dampingi dan berikan bimbingan teknis kepada para pembudidaya ikan agar mereka bisa mengembangkan teknologi produksi pakan ikan dengan biaya murah, namun berkualitas tinggi," tutur Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko pada Tribunjogja.com, Sabtu (31/8/2019) kemarin.

Eri mengatakan, penting bagi para pembudidaya ikan air tawar berlatih membuat pakan ikan bermutu.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Hal tersebut akan menunjang mutu dan jumlah produksi ikan lokal berkualitas, yang selanjutnya berimbas pada meningkatknya angka konsumsi ikan masyarakat.

"Ini juga menjadi target kami untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Magelang. Untuk meraih itu, maka dibutuhkan para pelaku usaha perikanan yang visioner, penuh semangat, dan senantiasa meningkatkan kualitas produksinya," tambahnya.

Pemerintah setempat pun menjamin ketersediaan pakan ikan bagi pembudidaya melalui inisiasi program Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari).

Program yang telah dicetuskan sejak tahun 2015 itu merupakan program nasional yang berorientasi pada peningkatan keuntungan pelaku usaha pembudidaya ikan.

"Program tersebut diwujudkan dengan cara menekan biaya operasional untuk pakan ikan, karena pakan ikan kontribusi modalnya cukup besar hampir 60 persen. Kalau harga ini bisa ditekan, maka keuntungan para pembudidaya akan semakin besar," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved