Kulon Progo

Kinerja Baznas Kulon Progo Terus Membaik

Selain jumlah dana terkumpul terus meningkat, penyaluran atau pentasarufan kepada warga penerima manfaatnya juga bisa semakin sering dilakukan.

Kinerja Baznas Kulon Progo Terus Membaik
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulon Progo dinilai terus membaik.

Selain jumlah dana terkumpul terus meningkat, penyaluran atau pentasarufan kepada warga penerima manfaatnya juga bisa semakin sering dilakukan.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan dulunya dana ZIS senilai Rp300 juta baru bisa terkumpul penuh dalam waktu setahun.

Namun, sekarang ini angka tersebut sudah bisa tercapai dalam waktu sebulan saja.

Pentasarufan kini juga bisa dilakukan setiap saat, bukan lagi hanya dua kali dalam setahun.

Pihaknya mengapresiasi langkah Baznas Kulon Progo yang sudah mengumpulkan, mengelola dan mentasyarufkan ZIS tersebut.

Baznas Sleman Sumbangkan 25 Hewan Kurban ke 6 Kecamatan

"Juga, para muzaki (penderma) sehingga dana ZIS dapat terkumpul dan ditasyarufkan kepada yang berhak dan membawa manfaat,"kata Sutedjo saat pengajian aparat di Masjid Agung Kulon Progo, Jumat (23/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Sutedjo secara simbolis mentasarufkan dana ZIS senilai Rp69,5 juta dari Baznas Kulon Progo.

Antara lain untuk bantuan pembangunan masjid (9 lokasi), bantuan pembangunan musala/langgar (3 lokasi), bantuan pengobatan (3 orang), bantuan modal usaha (3 orang), bantuan kegiatan keagamaan (1 lokasi), bantuan pendidikan (1 orang), bantuan biaya hidup (1 orang), bantuan bencana kebakaran (1 orang), dan bantuan santunan penderes jatuh (1 orang).

“Untuk mendukung operasional Baznas yang semakin tinggi, Pemkab Kulon Progo memberikan pinjaman kendaraan operasional sehingga dana yang dikumpulkan betul-betul hanya untuk ditasyarufkan kepada yang berhak,"kata Sutedjo.

Baznas Kota Yogya Beri Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Bagi Takmir Masjid

Fungsionaris Baznas Kulon Progo, Sugiyanto mengatakan penghimpunan dana ZIS di Kulon progo pada periode Januari hingga Juli 2019 ini telah terkumpul Rp4,2 miliar.

Adapun rincian penyalurannya untuk program Kulon Progo Makmur sebesar Rp82 juta (2,8 persen), Kulon Progo Cerdas Rp304,8 juta (10 persen), Kulon Progo Sehat Rp15,3 juta (0,5 persen), Kulon Progo Taqwa Rp1,9 miliar (63 persen), dan Kulon Progo Peduli RP718,6 juta (23,5 persen).

"Saat ini kami juga telah membentuk unit pengelola zakat (UPZ) di 42 masjid untuk memudahkan masyarakat,"kata dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved