Pendidikan

KKN UNY Kembangkan Desa Blaburan Magelang sebagai Kampung Wisata Air

KKN UNY berhasil mengembangkan Desa Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang sebagai Kampung Wisata Air Titik 0 Km Jawa Tengah.

KKN UNY Kembangkan Desa Blaburan Magelang sebagai Kampung Wisata Air
istimewa
Sutrisna Wibawa saat meresmikan Kampung Wisata Air di Desa Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang pada Minggu (18/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam upayanya melakukan pengabdian masyarakat, KKN Universitas Negeri Yogyakarta dan Tim LPPM UNY berhasil mengembangkan Desa Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang sebagai Kampung Wisata Air Titik 0 Km Jawa Tengah.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa yang datang pada saat menandatangani nota kerjasama dengan Pemkab Magelang sekaligus meresmikan Kampung Wisata Air Titik 0 Km Jawa Tengah menjelaskan, brand titik 0 Km yang diangkat di Desa Blaburan dirancang seperti brand titik nol Indonesia yang ada di Sabang, Aceh maupun di Merauke, Papua, yang mana hal tersebut diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

“Tim mahasiswa KKN dan tim LPPM UNY telah bisa mengembangkan potensi desa untuk diangkat menjadi desa wisata. Diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima Tribunjogja.com, pada Minggu (18/8/2019).

Sutrisna dalam kesempatan tersebut juga mengusulkan nantinya warga maupun Pemerintah Daerah bisa mengembangkan hidangan kuliner dan cenderamata khas Blaburan juga homestay untuk tempat tinggal wisatawan.

Menurutnya kedua hal tersebut nantinya pasti akan dicari wisatawan manakala berkunjung ke Kampung Wisata.

UNY Raih Peringkat ke-16 Klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia 2019

"Diharapkan nanti juga dibangun suatu tempat yang difasilitasi dusun atau desa sebagai pusat kegiatan seperti joglo yang selain merupakan ciri khas Jawa juga merupakan tempat berkumpul warga dalam bermusyawarah," terangnya.

Selain mengembangkan desa Blaburan sebagai Kampung Wisata, KKN UNY juga telah melakukan beberapa kegiatan lain di Magelang diantaranya desa binaan, wahana rekreasi dan outbond, pelatihan masak-memasak untuk wisata kuliner serta pembinaan kesenian.

Bupati Magelang yang diwakili Asisten I Pemerintah Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengapresiasi UNY yang telah meresmikan desa binaan Kampung Wisata Air Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang serta telah banyak memberikan bantuan baik berupa anggaran, pelatihan maupun fasilitas lainnya.

Garuda UNY Team Targetkan Bawa Pulang Trofi dalam Formula SAE Japan 2019

“Pembangunan dan pengembangan pariwisata diarahkan untuk mendorong kesempatan berusaha dan memperoleh manfaat serta mampu mengikuti tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional maupun global” katanya.

Menurutnya pariwisata sendiri merupakan salah satu sektor yang dikembangkan pemerintah, untuk itu pariwisata harus berfokus lebih tajam dan mampu memposisikan diri sesuai potensi yang ada dengan diimbangi perencanaan yang matang serta peningkatan sumber daya berkualitas.

"Magelang telah mengembangkan pariwisata berbasis budaya lokal yang memiliki ciri khas tersendiri. Harapannya desa wisata air Blaburan dapat menjadi satu destinasi kunjungan wisata yang dapat dibanggakan," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved