Populasi Orangutan Kalbar Semakin Kritis, Tersisa hanya 20 Ribu Ekor

Saat ini status orangutan Kalimantan naik dari genting (endangered) menjadi kritis (critically endangered) berdasarkan daftar merah IUCN 2016.

Populasi Orangutan Kalbar Semakin Kritis, Tersisa hanya 20 Ribu Ekor
IST/NatGeo Magazine
Bayi-bayi orangutan. Populasi orangutan Kalimantan menjadi kritis, naik dari sebelumnya genting. 

TRIBUNJOGJA.COM - Populasi orangutan terus menurun. Penyebabnya adalah konflik dengan manusia, yang menimbulkan kematian bagi orangutan.

Semakin berkurangnya populasi yang mencapai lebih dari 50 persen ini juga disebabkan adanya perdagangan dan pemeliharaan orangutan.

Populasi orangutan yang berada di hutan Kalimantan Barat (Kalbar) kritis. Hingga saat ini jumlah orangutan di Kalbar hanya tinggal 20.330 ekor.

Hati-hati, Ternyata Jenis Kayu Bajakah Ada yang Beracun

PO Manager Protected Areas and Community Conserved Area (CCA) WWF Indonesia, Albertus Tjiu mengatakan, terancamnya populasi orangutan di Kalbar tak terlepas dari fragmentasi habitat karena konversi hutan menjadi perkebunan, kebakaran hutan dan penebangan liar.

"Dalam 100 tahun ke depan, populasi orangutan diperkirakan hanya tinggal 38 persen," kata Tjiu, Rabu (21/8/2019).

"Saat ini status orangutan Kalimantan naik dari genting (endangered) menjadi kritis (critically endangered) berdasarkan daftar merah IUCN tahun 2016," ungkapnya.

Tergiur dengan buah ara, orangutan Borneo memanjat hingga ke ujung pohon setinggi 30 meter.
Tergiur dengan buah ara, orangutan Borneo memanjat hingga ke ujung pohon setinggi 30 meter. (IST/Lutfi Fauziah)

Tjiu menyebut, dari 20.330 individu orangutan di Kalbar, 4.520 individu merupakan sub spesies Pongo pygmaeus pygmaeus dan 15.810 sub spesies Pongo pygmaeus wurmbii.

"Individu-individu ini tersebar di dalam dan luar kawasan konservasi yang ada di Kalbar," sebutnya.

Secara umum, orangutan di Pulau Kalimantan mencapai 57.350 ekor. Mereka tersebar di habitat seluas 181.692 kilometer per segi, yang mencakup Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Sarawak – Malaysia.

Grafis perilaku orangutan Kalimantan
Grafis perilaku orangutan Kalimantan (Kompas.com)

Sedangkan, berdasar data terakhir pada tahun 2017, total individu orangutan di Indonesia dan Malaysia mencapai 71.000 ekor.

Kematian orangutan bisa dicegah jika seluruh masyarakat berkontribusi untuk menjaga dan menaikkan populasi orangutan. (Hendra Cipta/Kompas.com)

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved