Yogyakarta

BKKBN DIY dan Korem 072 Pamungkas Kerjasama Canangkan Program TMKK

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN DIY Rohdiana Sumariati menjelaskan pencanangan ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh kedu

BKKBN DIY dan Korem 072 Pamungkas Kerjasama Canangkan Program TMKK
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Pemukulan gong oleh perwakilan pemerintah Provinsi DIY sebagai simbolis dibukanya Pencanangan Bakti Sosial Tentara Manunggal KB Kesehatan (TMKK) sebagai bentuk kerjasama antara BKKBN Perwakilan DIY dengan Korem 072 Pamungkas yang di Auditorium LPP Yogyakarta, Rabu (21/8/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka mempercepat keberhasilan program-program kependudukan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, BKKBN DIY bekerjasama dengan TNI Korem 072 Pamungkas menggelar pencanangan Bakti Sosial Tentara Manunggal KB Kesehatan (TMKK) yang secara simbolis dibuka di Auditorium LPP Yogyakarta, Rabu (21/8/2019).

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN DIY Rohdiana Sumariati menjelaskan pencanangan ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh kedua instansi.

Tujuannya tak lain untuk mengupayakan percepatan pencapaian kesertaan KB Baru, KB Aktif, Ketahanan Keluarga dan berbagai upaya pengendalian penduduk khususnya di DIY.

Jokowi Ungkap Alasan Pilih Bupati Kulon Progo Sebagai Kepala BKKBN

"Pencanangan ini juga sebagai bukti nyata bahwa kita semua berniat baik dalam berbagai upaya sinergisitas mencapai Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga di DIY," kata Rohdiana dalam sambutannya.

Sejatinya, pelaksanaan Bakti Sosial TMKK dilaksanakan rutin setiap tahun dari bulan Juli hingga September.

Namun lantaran kekosongan pimpinan BKKBN beberapa bulan lalu sehingga pelaksanaan TMKK mengalami kemunduran dan baru dimulai Agustus dan tetap dilaksanakan hingga September.

"Harapannya kegiatan Bakti Sosial TMKK DIY tahun 2019 dapat dijalankan dengan penuh semangat, penuh sinergisitas antara TNI, Perwakilan BKKBN DIY, Pemerintah Provinsi dan sektor terkait lain," katanya.

Sementara itu, Kasiter Korem 072 Pamungkas Letkol Inf Hari Santoso SSos menambahkan tema pelaksanaan TMKK tahun ini mengusung tema 'Untuk mencapai cakupan kesehatan semesta kita tingkatkan akses dan kualitas pelayanan KB Kesehatan di seluruh NKRI'.

Dalduk KB Kota Yogyakarta Bangun Ketahanan Keluarga Lewat Kampung KB

Aplikasinya, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan diantaranya melakukan peningkatan frekuensi dan kualitas advokasi dan KIE Program KKBPK, Peningkatan sosialisasi Kampung KB, Peningkatan penggerakan tokoh masyarakat, tokoh agama, mitra kerja, IMP dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan program Kampung KB, Melakukan pelayanan KB di fasilitas kesehatan, pelayanan kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan reproduksi remaja, kelangsungan ibu bayi dan anak serta peningkatan partisipasi KB pria.

Selain itu ada juga kegiatan Peningkatan keaktifan posyandu, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera, Pusat Informasi dan Konseling Remaja, serta Kelompok BKB, KBR, BKL dan UPPKS, peningkatan kelompok KB pria, Penyuluhan program Genre, Peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga yang mempunyai lansia dan rentang tentang lansia tangguh, Memberikan pembinaan ketahanan keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga dan kemandirian ber-KB bagi anggota kelompok, Memberikan orientasi bagi pengelola dan pelaksana Program KKBPK kepada Danramil, babinsa, yang ditunjuk sebagai mitra PKB/PLKB.

"Tujuannya tentu kita ingin mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan Nasional (Nawacita) yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam rangka memperkuat persatuan, meningkatkan kualiltas hidup manusia Indonesia serta Revolusi Karakter Bangsa," bebernya.

Tak hanya itu, lanjut Heri, kerjasama dalam TMKK ini juga sebagai upaya untuk penguatan dan percepatan pencapaian sasaran Program KKBPK serta Percepatan pencapaian Kontrak Kinerja Provinsi (KKP) DIY tentang pencapaian peserta KB Baru dan KB Aktif tahun 2019 serta peningkatan indeks Pembangunan Manusia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved