Pendidikan

ULT Kemendikbud Permudah Masyarakat Ajukan Pengaduan, Permohonan dan Penyampaian Aspirasi di DIY

Masyarakat yang ingin melakukan pengaduan, permohonan, menyampaikan aspirasi bisa dengan mudah dilayani di ULT ini.

ULT Kemendikbud Permudah Masyarakat Ajukan Pengaduan, Permohonan dan Penyampaian Aspirasi di DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Koordinator ULT Kemendikbud di DIY saat menyampaikan sambutan dalam launching ULT Kemendikbud DIY, di Ruang Ki Hajar Dewantara, PPPPTK Matematika pada Senin (12/8/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk memperpendek proses pelayanan serta mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, dan terjangkau bagi masyarakat, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kemendikbud di wilayah DIY membentuk Unit Layanan Terpadu (ULT).

Insan Yudanarto, Koordinator ULT Kemendikbud DIY mengungkapkan dengan adanya ULT ini, masyarakat yang ingin melakukan pengaduan, permohonan, menyampaikan aspirasi bisa dengan mudah dilayani di ULT ini.

Ada 11 UPT Kemendikbud yang tergabung dalam ULT ini, ada dari PPPPTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya, LPMP DIY, Museum Benteng Vredeburg, Balai Bahasa, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Arkeologi, Balai Pelestarian Nilai Budaya, BP-PAUD dan DIKMAS serta SEAMEO QITEP in Mathematics.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Tujuan adanya ULT ini yakni bisa memberikan pelayanan yang luas kepada masyarakat, yang mana biasanya masyarakat yang harus ke kantor masing-masing UPT, dengan adanya UPL ini masyarakat bisa langsung dilayani. Atau masyarakat juga bisa hanya dengan mengirim email di ult.diy@kemdikud.go.id atau di WA 08112575232," ungkapnya.

Selain itu, Insan menjelaskan jika biasanya masyarakat yang ingin melakukan pengaduan masalah yang berhubungan dengan Kemendikbud Pusat, dan sebelumnya harus bolak-balik Yogyakarta-Jakarta, dengan adanya ULT ini mereka bisa langsung dilayani.

Yang mana nanti dari pihak ULT akan meneruskan langsung ke Jakarta.

20 Kutipan Kata-kata Bung Karno yang Terkenal, Inspirasi Ucapan di Hari Kemerdekaan 17 Agustus

"Kalau yang masalah berkenaan dengan Provinsi bisa langsung diselesaikan. Namun untuk yang berhubungan dengan proses di Jakarta memang memerlukan waktu. Tapi itu sudah membuat masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta. Ini sangat memudahkan," ungkapnya.

Insan menjelaskan, ULT ini sudah mulai diujicobakan sejak satu bulan yang lalu, dan untuk alamatnya berada di PPPPTK Matematika yang berada di Jalan Kaliurang km 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman.

"Ke depan, kita akan buat aplikasi, dimana nanti masyarakat memang benar-benar bisa dilayani dengan baik dan dimungkinkan tidak perlu harus ke ULT. Untuk jam layanan Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan di hari Jumat pukul 09.00-15.30 WIB," terangnya.

Harga Cabai Rawit di Pasar Bantul Masih Tinggi

Koordinator UPT Kemendikbud di DIY, Daswatia Astuty menjelaskan, pembentukan ULT ini sendiri mengacu pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu.

Dia berharap dengan adanya ULT ini, UPT Kemendikbud di DIY bisa mengelola pelayanan publik secara profesional.

"Tujuan kita ingin memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat. Selain itu, kita juga ingin mendekatkan diri dan memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat," katanya pada Tribunjogja.com. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved