Jawa

Akibat Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sumbing Ditutup Sementara

Penutupan Jalur Pendakian Gunung Sumbing dilakukan pada Minggu (11/8/2019) malam kemarin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Akibat Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sumbing Ditutup Sementara
istimewa
Petugas gabungan dari Perhutani, relawan, masyarakat dari berbagai unsur tengah melakukan pemadaman api di titik kebakaran di kawasan hutan Gunung Sumbing, masuk wilayah Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Senin (12/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jalur pendakian Gunung Sumbing ditutup sementara.

Penutupan dilakukan pada Minggu (11/8/2019) malam kemarin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan ini dilakukan akibat kebakaran yang sempat terjadi di kawasan hutan di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo sejak kemarin sore.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Ketua Forum Pengelola Gunung Sumbing, Lilik Setyawan mengatakan bahwa api sudah padam, hanya saja semua jalur pendakian Gunung Sumbing, termasuk satu di antaranya via Butuh, Kaliangkrik, Magelang masih ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Api sudah padam, hanya saja jalur pendakian masih ditutup. Penutupan mulai kemarin malam, nanti akan diinfokan lagi semisal mau dibuka. Penutupan sekitar pukul 10.00 WIB malam kemarin, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Saat itu tidak ada pendaki yang naik melalui Jalur Butuh, Magelang," kata Lilik pada Tribunjogja.com, Senin (12/8/2019).

Lilik mengatakan, titik api berasal dari kawasan hutan Gunung Sumbing, di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Air Terjun di Atas Awan, Secuil Keindahan di Lereng Gunung Sumbing Magelang

Api pertama kali diketahui pada Minggu (11/8/2019) kemarin sekitar pukul 16.40 WIB.

Petugas gabungan dan warga pun langsung melakukan pemadaman secara manual.

Api baru berhasil dipadamkan pada Senin (12/8/2019) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tadi.

"Api diketahui sekitar jam 5 sore kemarin, kemudian baru padam jam setengah 3 pagi tadi, dipadamkan manual oleh warga dan petugas gabungan. Lokasinya masuk Wonosobo tetapi api sempat merembet sampai wilayah sekitar puncak yang masuk wilayah Magelang," kata Lilik.

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved