Pendidikan

Sebanyak 8.408 Mahasiswa UGM Membentuk 10 Formasi pada Penutupan PPSMB UGM

Sebanyak 8.408 mahasiswa baru UGM tampak antusias saat mengikuti penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM yang digelar pada Ju

Sebanyak 8.408 Mahasiswa UGM Membentuk 10 Formasi pada Penutupan PPSMB UGM
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
PENUTUPAN PPSMB UGM. Sebanyak 8.408 mahasiswa baru membuat formasi bertajuk Integritas UGM Mebuatkan Integrasi Nasional dengan lambang burung Garuda berada ditengah formasi saat acara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di lapangan Pancasila, kampus UGM, Sleman< DI Yogyakarta, Jumat (9/8/2019). Dalam kesempatan tersbeut KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan orasi untuk memotivasi para mahasiswa baru. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 8.408 mahasiswa baru UGM tampak antusias saat mengikuti penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM yang digelar pada Jumat (9/8/2019) di lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

PPSMB UGM ini berlangsung selama sepekan, yakni pada 3-9 Agustus 2019.

Siang itu, ribuan mahasiswa baru UGM mengenakan jas almamater dan memakai caping yang telah dicat, ada yang berwarna putih, biru dan kuning.

Mereka juga membawa aksesoris berupa kertas asturo dan pom-pom yang terbuat dari tali rafia berwarna merah dan putih.

Dengan sigap, tangan mereka mengangkat kertas asturo maupun membolak-balikan kertas sesuai dengan aba-aba.

KSAD Tutup PPSMB UGM 2019

Dari tahun ke tahun, UGM selalu memberikan kejutan bagi mahasiswa barunya dalam penutupan PPSMB UGM yakni dengan menyajikan berbagai formasi yang mampu menarik perhatian publik.

Kali ini, PPSMB UGM ditutup dengan membentuk 10 formasi simbol-simbol persatuan Indonesia.

Ada 10 formasi yang dibentuk pada penutupan PPSMB UGM kali ini, yang pertama membentuk tulisan 'UGM Universitas Gadjah Mada', membentuk peta Indonesia dengan tulisan 'Dari UGM Untuk Indonesia', dilanjutkan dengan formasi yang membentuk Garuda Pancasila.

Formasi keempat yakni kumpulan rumah ibadah yang melambangkan sila pertama Pancasila, kemudian formasi bertuliskan 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' yang dilanjutkan dengan formasi berbentuk kumpulan tangan yang sedang bergenggaman dengan tulisan 'Persatuan Indonesia'

Selanjutnya yakni formasi dengan simbol gambar Soekarno Hatta yang melambangkan sila keempat Pancasila dan formasi bergambar timbangan yang melambangkan sila kelima Pancasila.

Formasi kesembilan yakni bertuliskan 'Gadjah Mada Muda Sadar Pancasila' dan formasi terakhir yakni formasi Garuda Pancasila dengan ---tulisan 'Integritas UGM, Integrasi Nasional'----

FKH UGM Siap Bangun Pusat Riset One Health Berstandar Internasional

Penutupan PPSMB UGM ini turut menghadirkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang memberikan orasinya.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan motivasi dan berpesan kepada ribuan mahasiswa baru agar selalu sukses.

"Cara kita untuk membela negara, cara kita memajukan negara ini yaitu kita semua setelah lulus harus bekerja sesuai bidang kita kuasai, itulah bentuk pengabdian kita kepada negara ini. Gajah Mada muda harus selalu sukses," ujarnya dalam orasinya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved