Sambut HUT Kemerdekaan RI, Warga Poncol Kota Magelang Bikin Gapura Bambu

Warga di kampung setempat mulai membuat gapura masuk kampung dengan aneka ornamen khas.

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Warga Poncol Kota Magelang Bikin Gapura Bambu
Dokumentasi Kampung Poncol)
Warga RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang membuat gapura masuk kampung menggunakan bambu sederhana yang unik dan menarik 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kampung-kampung di Kota Magelang mulai berhias menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI.

Seperti tampak di RW IV Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Warga setempat mulai membuat gapura masuk kampung dengan aneka ornamen khas.

Uniknya, jika gapura biasanya dibangun menggunakan bahan semen, warga kampung Poncol justru menggunakan bambu yang dirangkai sedemikian rupa. Warga mengangkat tema "back to nature" untuk gapura tersebut.

Penanggungjawab pembuatan gapura, Agus Wahyudi, menjelaskan butuh waktu sekitar seminggu untuk menyelesaikan gapura bambu ini. Saat ini sudah selesai 100 persen. Gapura dikerjakan sekitar 10 orang.

"Ada tambahan beberapa tanaman, dan dipasang umbul-umbul," ujar Agus, Senin (6/8/2019).

Adapun bahan-bahan yang dipakai semuanya hasil swadaya masyarakat setempat.

Sedangkan bahan bambu mengambil dari sisa kegiatan sebuah festival di Kledung, Kabupaten Temanggung, beberapa waktu lalu.

“Awalnya hanya memanfaatkan sisa-sisa bambu dari pembuatan kerajinan saat fastival di Kledung beberapa waktu lalu” terang Agus Wahyu.

Selain untuk menyambut HUT ke-74 RI, pembuatan gapura secara gotong royong ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap saling bekerjasama, saling membantu serta membina hubungan sosial yang baik antarwarga. Selain itu juga untuk diikutkan lomba pada tingkat provinsi Jawa Tengah.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved