Jawa

Candi Mantingan di Magelang Adalah Candi Petirtaan Terbesar yang Ditemukan di Jawa Tengah

Rata-rata candi petirtaan yang ditemukan berukuran 4-6 meter saja. Sementara di candi petirtaan Mantingan ini berukuran Panjang 22,5 meter.

Candi Mantingan di Magelang Adalah Candi Petirtaan Terbesar yang Ditemukan di Jawa Tengah
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah tengah melakukan ekskavasi dan penelitian di situs Candi Petirtaan Mantingan, di Dusun Mantingan, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jumat (2/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Fakta baru di situs Candi Mantingan, di Dusun Mantingan, Desa Mantingan, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, ternyata adalah Candi Petirtaan.

Tak sekedar petirtaan semata, tetapi Candi Petirtaan yang paling besar yang telah ditemukan di Jawa Tengah.

“Candi Petirtaan ini adalah petirtaan paling besar di Jawa Tengah yang kita temui, karena dari beberapa candi petirtaan hanya berukuran empat sampai enam meter,” kata Pengkaji Cagar Budaya, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Junawan, Jumat (2/8/2019) saat dtemui Tribunjogja.com di sela-sela ekskavasi di situs Candi Petirtaan Mantingan.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Situs candi petirtaan Mantingan adalah ukuran paling besar yang telah ditemukan di Jawa Tengah.

Rata-rata candi petirtaan yang ditemukan berukuran 4-6 meter saja.

Sementara di candi petirtaan Mantingan ini berukuran Panjang 22,5 meter.

Lebar bangunan sendiri tengah ditelusuri oleh tim BPCB.

 “Ukuran paling besar, situs candi petirtaan mantingan. Rata-rata bangunan Petirtaan ini hanya 4-6 meter. Mungkin perlu referensi yang lebih untuk bias menyimpulkan bangunan ini terbesar. Kalau di Jolotundro, itu sekitar 18 meter, tapi ini tipe U ya bukan yang tipe kolam,” tuturnya.

Jika dilihat dari kronologi sejarah, peristiwa runtuhnya situs Candi Petirtaan Mantingan ini disebabkan oleh bencana alam gempa bumi dan limpasan lahar dari Gunung Merapi.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved