Kemenperin Apresiasi Desainer Lewat Indonesia Good Design Selection 2019

Kemenpering gelar ajang Penghargaan dalam bidang desain industri/desain produk bertajuk Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019.

Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Gati Wibawaningsih Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian saat ditemui media di Yogyakarta, Jumat (26/7/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai langkah memotivasi dan mengapresiasi desainer muda Indonesia, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka menyelenggarakan ajang Penghargaan dalam bidang desain industri/desain produk bertajuk Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019.

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka menjelaskan inisiatif hadirnya penghargaan ini merespon dari banyaknya karya-karya desain asal Indonesia yang ternyata sudah mampu menembus pasar dunia.

"Tapi yang kita sayangkan desain-desain ini justru dilabeli merek luar negeri, ini kan menunjukkan bahwa desain kita tidak kalah hanya perlu didorong dan di fasilitasi," kata Gati kepada media di Yogyakarta, Jumat (26/7/2019) malam.

Dalam IGDS 2019, lanjut Gati, akan memperlombakan desain-desain dari enam kategori yaitu, produk furnitur dan home decor, produk industri kriya, produk perihiasan dan aksesoris fesyen, kemasan inovatif, alas kaki dan apparel, serta perlengkapan kantor.

"Nantinya sebanyak 4 finalis akan melakukan presentasi final di depan tim juri untuk menentukan Best 3 dan Pemenang Grand Award. Kami juga sediakan hadiah uang tunai dan trip ke luar negeri berupa workshop atau pameran," tambahnya.

Hadiah ini, dikatakan Gati, merupakan langkah untuk mengenalkan dunia desain dan produk ke luar negeri dan membuka relasi bisnis.

Selain itu, program pengharagaan ini merupakan apresiasi Kementerian Perindustrian dalam bidang desain industri / desain produk kepada Produk, Desainer dan Perusahaan/Industri yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas produk industri nasional, dan juga sebagai upaya meningkatkan apresiasi desain dan kepercayaan terhadap kualitas produk Indonesia.

IGDS tahun ini bertema Indonesian Design Goes Global dan mempunyai 4 jenis penghargaan yaitu IGDS Best 20 yang diberikan kepada 20 produk terbaik, penghargaan People’s Choice diberikan kepada 1 produk yang dipilih secara online, lalu ada Penghargaan Best 3 yang diberikan kepada 3 produk terbaik, Serta Penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada 1 produk terbaik.

Penyelenggaraan IGDS sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2001 secara annually, dan sempat dilaksanakan secara 2 tahun sekali selama periode 2012 – 2016. Sehingga IGDS tahun 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-16 kali.

Nantinya IGDS 2019 akan dimulai dengan Open Call mulai tanggal 23 Juli 2019 hingga 15 September 2019 dan malam penganugerahan pada tanggal 18 Oktober 2019 di Jakarta, dimana sebanyak 4 finalis akan melakukan presentasi final di depan tim juri untuk menentukan Best 3 dan Pemenang Grand Award.

"Dari pemenang ini, kita juga membuka kerjasama melalui asosiasi baik di Korea, Taiwan, Jepang hingga Inggris agar mereka tahu bahwa yang namanya ini dengan produk ini telah mendapatkan award yang diakui dunia. Produk mereka (peserta) juga akan ditandingkan di dunia juga," tandasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved