Mau Bersepeda di Malioboro Pakai Jogja Bike? Begini Cara dan Tarif Sewanya

Wisatawan atau pengunjung cukup mendatangi titik sewa yang tersebar di beberapa tempat di kawasan Malioboro.

Mau Bersepeda di Malioboro Pakai Jogja Bike? Begini Cara dan Tarif Sewanya
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Koleksi Sepeda wisata Jogja Bike yang ada di Malioboro 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Malioboro memang telah menjadi salah satu ikon wisata Kota Yogyakarta.

Banyak perbaikan-perbaikan dilakukan pemerintah yang tujuannya tak lain untuk memanjakan wisatawan.

Tak kecuali hadirnya sepeda wisata yang diberi nama Jogja Bike.

Sepeda onthel ini bisa dinikmati wisatawan yang ingin menikmati kawasan Malioboro dengan cara berbeda.

Untuk menikmati fasilitas ini wisatawan cukup mengunduh aplikasi bernama Ina Bike di Google Play Store maupun iOS App Store.

Perwakilan Bappenas, Tim Penilai Independen PPD tingkat Nasional tahun 2019, serta Pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta ketika hendak berangkat menyusuri Malioboro menggunakan Jogja Bike, Jumat (5/4/2019).
Perwakilan Bappenas, Tim Penilai Independen PPD tingkat Nasional tahun 2019, serta Pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta ketika hendak berangkat menyusuri Malioboro menggunakan Jogja Bike, Jumat (5/4/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah)

Setelah mengunduh, wisatawan atau pengunjung cukup mendatangi titik sewa yang tersebar di beberapa tempat di kawasan Malioboro.

Pembayaran bisa dilakukan dengan dua sistem yakni e-money lewat LinkAja serta tunai kepada petugas yang berjaga di tempat.

Jogja Bike Tambah Koleksi Sepeda di Malioboro Berjenis MTB

Tim Penilai PPD 2019 Coba Jogja Bike

Untuk masalah biaya, sepeda onthel ini hanya dikenakan tarif Rp5.000 per satu jam sewa.

Komisaris Jogja Bike Triyanto menjelaskan saat ini sudah ada sekira 275 sepeda kayuh berjenis onthel yang bisa digunakan wisatawan. Sepeda ini disebar di beberapa titik sentral yang menjadi objek wisata.

"Kami juga meluncurkan 10 sepeda baru edisi spesial berjenis MTB," bebernya tempo hari.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dan Komisaris Utama Jogja Bike, Triyanto, saat mengenalkan koleksi Jogja Bike berjenis MTB di Malioboro, Selasa (23/7/2019) kemarin
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dan Komisaris Utama Jogja Bike, Triyanto, saat mengenalkan koleksi Jogja Bike berjenis MTB di Malioboro, Selasa (23/7/2019) kemarin (Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho)

Untuk sepeda edisi spesial ini memang masih terbatas lantaran masih tahap uji coba atau riset. Jumlah ini bukan tak mungkin akan ditambah jika permintaan cukup tinggi.

Untuk segi keamanan, masing-masing sepeda Jogja Bike telah disematkan GPS sehingga petugas akan mampu melacak posisi sepeda jika jam sewa telah habis maupun melewati area-area diluar kawasan wisata. Petugas pun akan menjemput.

Layanan sepeda wisata ini rupanya menarik respon wisatawan, terbukti sebelum dilakukan tarif sewa, jasa ini mampu melayani hingga 500 trip setiap harinya namun usai diterapkan sistem berbayar mengalami penurunan menjadi 100 hingga 150 trip.

Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan secara simbolik sepeda Jogja Bike kepada Herryadi Baiin Ketua DPD IHGMA DIY, bahwa hotel-hotel member IHGMA siap menjadi shelter wisata bersepeda.
Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan secara simbolik sepeda Jogja Bike kepada Herryadi Baiin Ketua DPD IHGMA DIY, bahwa hotel-hotel member IHGMA siap menjadi shelter wisata bersepeda. (Istimewa)

"Kami juga sudah memiliki sekitar 14.000 follower di Instagram dan aplikasi sudah diunduh 40.000 kali," tambahnya.

Ia berharap layanan sepeda wisata ini tak hanya ada di Yogyakarta, namun daerah wisata lainnya yang ada di Indonesia. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved