Kuliner Jogja

7 Rekomendasi Gudeg Jogja Legendaris dan Enak yang Wajib Dicoba

Belum ke Yogya rasanya jika belum mencoba kuliner gudeg. Gudeg punya dua jenis pada umumnya yakni gudeg kering dan basah.

7 Rekomendasi Gudeg Jogja Legendaris dan Enak yang Wajib Dicoba
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Gudeg Yu Djum 4 

7 Rekomendasi Gudeg Jogja Legendaris dan Enak yang Wajib Dicoba

TRIBUNJOGJA.COM - Gudeg adalah satu kuliner khas Yogyakarta yang paling banyak dikenal masyarakat luas. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, dan butuh waktu berjam-jam untuk membuatnya.

Belum ke Yogya rasanya jika belum mencoba kuliner gudeg. Gudeg punya dua jenis pada umumnya yakni gudeg kering dan basah.

Biasanya untuk dijadikan buah tangan wisatawan yang datang ke Yogyakarta, gudeg kering adalah pilihan yang tepat.

Soalnya, gudeg kering lebih awet alias bisa disimpan beberapa waktu untuk disantap.

Berikut 7 rekomendasi gudeg legendaris Jogja yang dirangkum Tribunjogja.com untuk Anda wisatawan yang ingin mencari referensi kuliner khas Kota Yogyakarta:

1. Gudeg Yu Djum

Saat berbicara tentang gudeg, beberapa orang mungkin akan langsung teringat dengan gudeg Yu Djum yang sudah melegenda.

Gudeg Yu Djum dirintis oleh seorang yang pantang menyerah bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai “Yu Djum”, sejak tahun 1951.

Dilansir dari laman Gudeg Yu Djum, Djuwariyah lahir dari keluarga yang terlebih dahulu memiliki bisnis kuliner khas Yogya yaitu gudeg. Sejak remaja, ia mempunyai cita-cita membangun sebuah rumah makan gudeg miliknya sendiri.

Pertama kali Djuwariyah menjajakan gudeg buatannya di Kampung Wijilan tepatnya di sebelah selatan Pelengkung Wijilan, saat itu masih berupa lapak kecil dengan meja dan kursi yang sangat sederhana, sedangkan dapur tempat memasak gudeg berada di Kampung Karangasem – Mbarek, Jalan Kaliurang KM 4,5 CT III/22.

Halaman
1234
Penulis: Rina Eviana
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved