Kisah Nenek Sumiati Asal Jombang Naik Haji Saat Berumur Lebih dari Satu Abad

Kisah Nenek Sumiati Naik Haji Saat Berumur Lebih dari Satu Abad. calon haji asal Jombang, Jawa Timur yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada 23

Kisah Nenek Sumiati Asal Jombang Naik Haji Saat Berumur Lebih dari Satu Abad
Kompas.com| MOH. SYAFIƍ
Sumiati, calon jemaah haji berusia 107 tahun. Pada Senin (15/7/2019) di rumahnya, di Dusun Bakalan, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sumiati dikunjungi Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, beserta sejumlah pejabat Kemenag Jombang. 

Ibadah haji kerap kali memunculkan cerita menarik di luar nalar dan logika, terutama soal kesehatan orang yang sedang menunaikannya. Tak sedikit cerita nyata yang terungkap, jemaah haji yang sudah berumur sehat malah lebih sehat dibandingkan yang muda ketika menjalankan rangkaian ibadah haji.

Sumiati (107), menjadi salah satu calon haji asal Jombang, Jawa Timur yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada 23 Juli mendatang. Meski usianya lebih dari satu abad, nenek empat cucu ini mengaku masih kuat untuk menjalankan ibadah haji. Saat pergi haji nanti, Sumiati akan didampingi oleh anak keduanya.

Nenek Sumiati Naik Haji Saat Berumur Lebih dari Satu Abad
Nenek Sumiati Naik Haji Saat Berumur Lebih dari Satu Abad (Kompas.com| MOH. SYAFIÍ)

"Alhamdulillah, sehat. Insya Allah kuat (menunaikan haji)," kata Sumiati, saat ditemui di rumahnya, di Dusun Bakalan, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Senin (15/7/2019).

Saat ditemui di kediamannya, kondisi Sumiati tampak sehat.

Dengan umur lebih dari satu abad, suaranya masih terdengar jelas, meski volumenya cukup kecil.

Pada kesempatan itu, Sumiati sedikit mengungkap kebiasaannya selama ini. Salah satunya, rajin shalat tahajud setiap malam.

"(Sholat) tahajud sejak umur 30 tahun," tuturnya dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com.

Dalam rombongan pemberangkatan jemaah haji asal Jombang, Sumiati tergabung dalam kloter 53 embarkasi Surabaya.

Dia masuk dalam daftar 980 lebih calon jemaah haji asal Jombang yang dipastikan bisa berangkat.

Sumiati dinyatakan sehat dan layak untuk berangkat haji, meski pada Minggu lalu, nenek kelahiran 1 Juni 1912 itu sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama selama hari.

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved