Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Yogya Sebut Tidak Ada Perpeloncoan Hari Pertama Masuk Sekolah

Pada hari pertama sekolah, sebagian besar sekolah meminta orangtua untuk hadir.

Dinas Pendidikan Kota Yogya Sebut Tidak Ada Perpeloncoan Hari Pertama Masuk Sekolah
istimewa
Siswa baru di SMPN 6 Yogyakarta saat menyimak penyuluhan dari pihak kepolisian, Senin (15/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang menyasar siswa baru telah dilakukan pada Senin (15/7/2019).

Kasi Kurikulum Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Hasyim menjelaskan berdasarkan hasil monitoring ke sekolah, tidak ada pelanggaran pelaksanaan PLS.

"Hari ini (kemarin) kami ke beberapa sekolah. Tidak ada yang merugikan. Bully  nggak ada, perpeloncoan nggak ada. Anak-anak dibuat nyaman lewat program-programnya," ucapnya, Senin (15/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Ia mencontohkan, misalkan di SMP Muhammadiyah 2, kegiatan PLS hari pertama adalah mengenalkan berbagai macam ekstrakurikuler yang ada di sana.

"Jadi kakak kelas mereka yang ikut ektrakurikuler menunjukan berbagai macam ekstra yang bisa diikuti siswa baru. Di sana kakak kelas menunjukan atraksi sesuai ekstrakurikuler di hadapan siswa dan orangtua," ucapnya pada Tribunjogja.com.

Pada hari pertama sekolah, Hasyim menjelaskan bahwa sebagian besar sekolah meminta orangtua untuk hadir.

Selain untuk mengantarkan siswa ke sekolah barunya, juga dilakukan penyerahan simbolis dari orangtua kepada pihak sekolah.

"Pelaksana PLS ini seluruhnya adalah guru. Kalaupun ada pelibatan OSIS hanya sekadar mengedarkan absen dan mengawasi saja, selebihnya dari guru," ujarnya.

Masa PLS di SD Tarakanita Bumijo Tekankan Nilai Cinta Tanah Air dan Semangat Kebhinekaan

Terpisah, Koordinator Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba menjelaskan bahwa pihaknya melihat kegiatan PLS berjalan dengan wajar dan tanpa ada yang dilebih-lebihkan serta memberatkan peserta didik.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved