Kulon Progo

Dekatkan Layanan Keamanan, Polres Kulon Progo Ciptakan Aplikasi ALWA

Aplikasi 'tombol panik' tengah disiapkan oleh Kepolisian Resor Kulon Progo untuk mendekatkan layanannya pada masyarakat setempat.

Dekatkan Layanan Keamanan, Polres Kulon Progo Ciptakan Aplikasi ALWA
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, kULON PROGO - Aplikasi 'tombol panik' tengah disiapkan oleh Kepolisian Resor Kulon Progo untuk mendekatkan layanannya pada masyarakat setempat.

Warga yang sedang dirundung bahaya bisa langsung mendapatkan pertolongan dengan aplikasi ini.

Aplikasi tersebut dinamakan Alarm Warga (ALWA) yang tersedia untuk ponsel berbasis Android.

Selain tombol panik atau panic button itu sendiri, aplikasi ini juga dilengkapi fitur silent alarm, lapor, call center, dan info.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Teknologi GPS dan layanan realtime digunakan dalam aplikasi itu sehingga bisa dimanfaatkan 24 jam oleh masyarakat.

Ketika warga menekan tombol-tombol itu, alarm di pusat pantau kepolisian akan berbunyi dan anggota yang paling dekat akan meluncur ke lokasi untuk memberi bantuan.

Singkat kata, masyarakat yang terkena risiko tindak pidana atau membutuhkan pertolongan bisa menghubungi polisi melalui aplikasi tersebut.

"ALWA merupakan aplikasi pertama yang dipersembahkan kepolisian di DIY. Tagline-nya, dua kali klik bantuan hadir,"jelas Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggara Nasution saat ditemui Tribunjogja.com di sela peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Mapolsek Wates, Rabu (10/7/2019).

Aplikasi ini masih dalam tahap penyempurnaan dan akan diluncurkan untuk publik selambatnya dua pekan ke depan.

Air Mata Ibu Ketua Dewan Menetes di Tengah Sidang Pelepasan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo

Namun begitu, kata Anggara, sejauh ini sudah aplikasi sudah diunduh sebanyak 1.000 kali yang menandakan animo masyarakat untuk menggunakannya cukup tinggi.

"Kami berharap program baru Polres Kulon Progo ini bermanfaat bagi masyarakat. Dengan semangat Hari Bhayangkara, kami juga berkomitmen terus meningkatkan kualitas SDM dan pembenahan layanan,"kata Anggara.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang hadir dalam kesempatan itu berharap Polres Kulon Priogo bisa mempertahankan prestasi.

Sinergi polisi, TNI, dan Pemerintah Daerah menurutnya sudah terjalin baik, semisal dalam pengamanan Pemilu maupun proyek pembangunan bandara.

Hal ini menurutnya perlu terus dijaga dan ditingkatkan.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved