Nasional

Sutopo di Mata Keluarga Besar Geografi UGM: Meski Sakit Tetap Luangkan Waktu untuk Almamater

Andri menerangkan, akhir tahun lalu Sutopo masih menghadiri undangan reuni, serta sekitar setahun lalu sosoknya masih mau menjadi pembicara dalam kegi

Sutopo di Mata Keluarga Besar Geografi UGM: Meski Sakit Tetap Luangkan Waktu untuk Almamater
istimewa
Andri Kurniawan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Geografi UGM saat ditemui seusai melayat Sutopo di Boyolali, Senin (8/7/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selain di kenal dekat dengan wartawan, almarhum Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) juga dikenal sangat mencintai almamaternya.

Andri Kurniawan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Geografi UGM, yang juga teman seangkatan Sutopo di Fakultas Geografi UGM, mengungkapkan, meskipun sudah divonis kanker paru-paru stadium 4B, dirinya tetap siap sedia ketika almamater mengundangnya.

Andri menerangkan, akhir tahun lalu Sutopo masih menghadiri undangan reuni, serta sekitar setahun lalu sosoknya masih mau menjadi pembicara dalam kegiatan yang diselenggarakan Fakultas Geografi.

FOTO: Suasana Penuh Haru saat Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali

Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho, Kepala BNPB : Dia Pahlawan Kemanusiaan

"Terakhir ketemu beliau saat reuni, sempat makan dekat saya dan memberikan wejangan ke teman-teman Alumni. Meskipun sudah dinyatakan sakit, tapi masih tetap mau hadir ketika fakultas membutuhkan," terangnya Andri yang ditemui seusai melayat Sutopo di Boyolali pada Senin (8/7/2019).

Bukan hanya itu, meskipun biaya untuk pengobatannya terbilang mahal, tapi Sutopo masih mau menyisakan uangnya untuk membantu pembangunan masjid di Fakultas Geografi UGM.

Andri yang juga teman satu organisasi Sutopo di BEM Fakultas Geografi mengatakan, Sutopo merupakan seseorang yang paling bersemangat dan bertanggungjawab ketika berbicara mengenai keilmuan.

Hal tersebut terbukti dengan gelar lulusan tercepat di Fakultas Geografi UGM yang disandangnya.

"Dulu saya sekelompok dengan beliau sempat menjuarai lomba pekan ilmiah nasional. Semangat beliau itulah yang senantiasa ditularkan ke teman-teman. Jadi kalau ada kegiatan dan ada beliau di dalamnya, teman yang lain juga ikut semangat. Kalau berbicara mengenai keilmuan apalagi, beliau semangat sekali," terangnya.

Kata-kata Mutiara Sutopo yang Dikenang Presiden Jokowi dan Sosoknya di Mata Media Asing

Menurutnya ada satu cita-cita yang sempat dilontarkan Sutopo kepada Andri saat jadi mahasiswa dulu. Sutopo ingin menjadi Dosen dan memiliki gelar Profesor.

"Saya sering ke kosnya, sering kerjakan laporan praktikum bareng, diskusi. Dulu beliau pernah memiliki keinginan menjadi dosen. Walaupun dengan berjalannya waktu karir beliau berbeda, dan beliau juga sudah menjadi Ahli Peneliti Utama," ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Geografi UGM, Muh. Aris Marfa'i juga mengenal Sutopo sebagai sosok alumni yang tangguh dan peduli dengan almamater.

FOTO: Suasana Penuh Haru saat Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali

Menurutnya, Sutopo pernah beberapa kali berkenan hadir untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa meskipun dalam keadaan sakit.

"Beberapa kali bersedia datang untuk memberikan motivasi pada adik-adik mahasiswa dalam berbagai forum, meskipun beliau menahan sakit. Suatu kali dengan terpaksa WhatsApp ke saya, mohon ijin tidak bisa ikut tampil ketoprak bareng di Fakultas dalam rangka Dies karena bersamaan dengan pengobatan di rumah sakit," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved