Smart Shoes, Sepatu Karya Mahasiswa UNY yang Membudaya, Multiguna dan Futuristik

SMART-SHOES juga memiliki misi edukasi yaitu dengan dilengkapi aplikasi android. Aplikasi ini dapat diakses melalui ponsel pintar

Smart Shoes, Sepatu Karya Mahasiswa UNY yang Membudaya, Multiguna dan Futuristik
ist
Smart Shoes Sepatu Karya Mahasiswa UNY 

TRIBUNJOGJA.COM - Kreatifitas menjadi kunci utama terciptanya sepatu lukis bermotif kebudayaan dengan alas kaki refleksi yang baik untuk kesehatan oleh lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Bersama dosen pendamping Haryani, M.Pd., mereka dapat menyulap sepatu lukis menjadi produk yang lebih istimewa.

Sepatu yang diberi nama “SMART-SHOES” ini diklaim multiguna dan futuristik.

Hal itu dikarenakan sepatu lukis ini selain didesain untuk kebutuhan fashion juga bermanfaat untuk kesehatan karena menggunakan alas kaki refleksi yang terdiri dari delapan titik refleksi pada kaki.

SMART-SHOES juga memiliki misi edukasi yaitu dengan dilengkapi aplikasi android. Aplikasi ini dapat diakses melalui ponsel pintar menggunakan serial number ataupun QR code.

Ini Dia Penampakan Daredevil, Ponsel Nokia dengan Tiga Kamera

Aplikasi ini menyajikan berbagai informasi terkait motif-motif kebudayaan yang ada pada produk-produk sepatu SMART-SHOES secara audio-visual.

Adalah Nanda Veruna Enun Kharisma (PGSD FIP 2016), Solekhawati (PGSD FIP 2016), Amaliatul Firdaus (Pendidikan Akuntansi FE 2016), Danang Dwiyoga Adimurdaka (Pendidikan Teknik Informatika FT 2017), dan Nur Mahsun Asqallany Ramadhan (Pendidikan Bahasa Inggris FBS 2017) yang menuangkan gagasan kreatif mereka menjadi produk yang bernilai tinggi.

Smart Shoes Sepatu Karya Mahasiswa UNY
Smart Shoes Sepatu Karya Mahasiswa UNY (ist)

SMART-SHOES berhasil mengantarkan mereka meraih dana Ristekdikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) tahun 2019.

Nanda mengungkapkan alasan melakukan inovasi SMART-SHOES adalah karena kecintaannya terhadap ragam motif Nusantara seperti batik dan tenun.

Sebagai calon guru, ia berharap dapat memberikan edukasi sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia tersebut kepada khalayak.

"Upaya edukasi itu disesuaikan dengan perkembangan jaman yang serba digital, maka terciptalah aplikasi SMART-SHOES," katanya.

Selain itu mereka juga tertarik untuk membuat alas kaki refleksi karena mereka menyadari pentingnya kesehatan.

“Telapak kaki sebagai jantung kedua manusia dapat menjadi salah satu sarana untuk menjaga kesehatan. Terapi pijat refleksi banyak digemari masyarakat, sandal refleksi juga banyak di pasaran, tapi untuk yang tampilannya bagus dan nyaman digunakan harganya relatif mahal. Kami berpikir untuk membuat sepatu lukis yang cantik dan sekaligus dapat dijadikan sebagai sandal kesehatan tapi dengan harga yang terjangkau,” terang Nanda.

Hingga saat ini, belum ada sepatu yang memadukan unsur estetika dan refleksi. Sepatu lukis sebagai produk fashion yang sedang banyak digemari menjadi peluang tersendiri bagi usaha SMART-SHOES ke depan.

Alas refleksi pada SMART-SHOES memilih delapan titik refleksi yang berkaitan dengan organ-organ vital utama pada manusia yakni jantung, ginjal, paru-paru, otak kecil, organ reproduksi, lambung, usus kecil, dan hati.

Alas refleksi ini apabila digunakan dapat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan ataupun meredakan kelelahan akibat peredaran darah yang kurang lancer.

Alas refleksi terbuat dari perpaduan kayu dan spons yang nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Supaya lebih praktis, alas kaki dibuat bolak-balik sehingga ketika sudah merasa cukup menggunakan refleksi, dapat dengan mudah berganti dengan alas kaki yang empuk.

SMART-SHOES dikerjakan secara hand-made dengan memperhatikan detail, kerapian, dan keserasian warna.

Menurut Nanda, keunggulan lain dari SMART-SHOES adalah adanya fitur notifikasi harian dari aplikasi untuk mengingatkan pemilik sepatu menggunakan refleksi secara rutin.

Refleksi baik untuk kesehatan dan perlu digunakan secara teratur. (*)

*Oleh: Amaliatul Firdaus Mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi UNY dan TIM

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved