Pendidikan

7.910 Mahasiswa UNY Ikuti KKN dan PLP

Sebanyak 7.910 mahasiswa UNY mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahun 2019.

7.910 Mahasiswa UNY Ikuti KKN dan PLP
istimewa
Pelepasan Mahasiswa KKN dan PLP UNY yang dilakukan di GOR UNY pada Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 7.910 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahun 2019.

Kegiatan yang dilepas langsung oleh Rektor UNY, di GOR UNY pada Jumat (5/7/2019) tersebut merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu.

Ini 8 Alasan Memilih TVS Ntorq 125 untuk Berkendara

Wakil Rektor I UNY Margana mengatakan, untuk jumlah peserta KKN yang dilepas hari ini ada sebanyak 4.519 mahasiswa, yang terbagi atas 1.195 mahasiswa di semester khusus dan 3.324 mahasiswa di semester gasal.

Sedangkan untuk peserta PLP berjumlah 3.391 mahasiswa.

Nantinya untuk peserta PLP yang merupakan mahasiswa prodi pendidikan akan ditempatkan di 267 sekolah dan 27 lembaga, sedangkan kegiatan PLP dimulai 8 Juli hingga 31 Agustus di 14 wilayah di DIY dan jawa Tengah diantaranya Kota Yogyakarta, Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Banjarnegara dan Kota Semarang.

"Kegiatan KKN semester khusus akan dimulai 8 Juli hingga 23 Agustus dengan 318 kelompok sedangkan KKN semester gasal akan dimulai 9 September hingga 23 Oktober dengan 122 kelompok," katanya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

FIS UNY Punya Dekan dan Wakil Dekan Baru

Untuk KKN kali ini terdapat lima jenis, yaitu KKN Tematik Reguler di 13 kabupaten DIY –Jateng sebanyak 4.093 mahasiswa, KKN Tematik Revolusi Mental di kabupaten Bantul dan Gunungkidul sebanyak 343 mahasiswa, KKN Daerah 3T sekaligus PLP di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat sebanyak 18 mahasiswa, KKN Daerah Perbatasan kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta di Kabupaten Brebes dan Cirebon sebanyak 60 mahasiswa, serta KKN Kebangsaan di Ternate-Tidore Maluku Utara sebanyak 5 mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UNY Sutrisna menyampaikan, KKN sendiri merupakan bagian dari program pendidikan sedangkan pengabdian pada masyarakat adalah mahasiswa berada di tengah masyarakat sebagai sasaran tempat berkegiatan.

"Lewat program ini mahasiswa bisa melaksanakan riset yang hasilnya bisa menjadi artikel atau salah satu topik dalam skripsi. Juga bisa dibuat sebagai PKM. Sehingga pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara utuh bisa dilakukan di masyarakat dan sekolah," terangnya.

Masker Jahe Merah Buatan Mahasiswa UNY Ampuh Atasi Jerawat

Sutrisna mengatakan, nantinya para mahasiswa yang berada di sekolah dan masyarakat diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di kampus.

Menurutnya, apa yang sudah didapatkan di kampus harus diimplementasikan di masyarakat secara kontekstual.

Selain itu, Sutrisna berharap mahasiswa yang mengemban tugas sebagai agen perubahan harus bisa menggunakan kesempatan ini untuk menggerakkan masyarakat.

"Mahasiswa juga berperan sebagai agen pembaharuan sehingga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menggerakkan masyarakat ilmu pengetahuan yang berkembang pesat sehingga memenuhi empat kompetensi yaitu kreatif dan inovasi, berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved