Pendidikan

Orangtua Siswa Datangi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Lantaran Masih Bingung Soal PPDB

Salah seorang warga RW 09 Patehan, Kraton, Yogyakarta, Yessi Hamzah mengaku masih bingung akan mendaftarkan anaknya melalui zonasi wilayah atau zonasi

Orangtua Siswa Datangi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Lantaran Masih Bingung Soal PPDB
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
sejumlah orangtua siswa saat berkonsultasi terkait PPDB di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Puluhan orangtua calon peserta didik mendatangi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk meminta informasi terkait sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMP pada Rabu (19/6/2019) siang.

Salah seorang warga RW 09 Patehan, Kraton, Yogyakarta, Yessi Hamzah mengaku masih bingung akan mendaftarkan anaknya melalui zonasi wilayah atau zonasi mutu.

"Masih bingung, saya mau tanya kepastian soalnya nilai NEM agak nanggung 240, makanya saya minta pencerahan apakah memungkinkan untuk zonasi mutu? Karena jadwal pendaftaran untuk zonasi wilayah lebih awal," ujarnya.

Pendaftaran PPDB di Sleman Kini Cukup Menunjukan KK dan Akta Kelahiran yang Asli

Ia mengatakan, dari pihak Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kemudian merekomendasikan agar mendaftar melalui zonasi wilayah terlebih dahulu.

Sebab, kata Yessi, melihat hasil sebaran Nilai Ujian Nasional SD/MI Kota Yogyakarta TA 2018/2019 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, anak dengan jumlah nilai 240 ke atas ada sebanyak 1446 siswa.

"Awalnya cita-cita ingin ke SMPN 8 Yogyakarta, alternatif keduanya SMPN 1 Yogyakarta, tapi dari nilainya nanggung, jarak ke SMPN 8 Yogyakarta juga cukup jauh, kalau mau ke SMPN 8 Yogyakarta yang memungkinkan lewat zonasi mutu," lanjutnya.

Meski demikian, ia masih belum menentukan apakah akan mendaftar melalui zonasi wilayah atau zonasi mutu.

LO DIY Terima 5 Laporan Terkait PPDB

"Masih diskusi dulu, kalau memang yang terdekat itu SMPN 16 Yogyakarta jaraknya 0.192. Kalau harus zonasi wilayah anak saya inginnya ke SMPN 2 Yogyakarta jaraknya 1.380. Jadi harus pintar menyusun pilihan. Supaya anaknya tidak kecewa saya minta pencerahan dulu ke Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Indra Gunawan warga RW 07 Mantrijeron, Mantrijeron, Yogyakarta ini mendatangi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga untuk meminta informasi terkait PPDB jenjang SMP.

Indra berencana akan mendaftarkan anaknya melalui zonasi wilayah.

"Jarak ke SMPN 2 Yogyakarta 2.139, kalau yang paling dekat itu SMPN 13 Yogyakarta jaraknya sekitar 450 meter," terangnya.

Demo Tolak PPDB Sistem Zonasi di Kota Surabaya, Ratusan Orangtua Calon Siswa Hentikan Mobil Dinas

Indra mengatakan, apabila anaknya tidak diterima melalui zonasi wilayah, ia berencana untuk mendaftarkan melalui zonasi mutu.

"Makanya saya pengen tahu ada pemetaan lulusan SD di sekitar situ berapa, tapi ternyata tidak ada, kalau ada kan bisa memperkirakan, kira-kira masuk tidak ke SMPN yang dituju," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved