Walikota Magelang Apresiasi ASN yang Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Meski Libur

Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengapresiasi aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila

Walikota Magelang Apresiasi ASN yang Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Meski Libur
Dok Humas Pemkot Magelang
Upacara Hari Lahir Pancasila, di halaman depan kantor Pemerintah Kota Magelang (Pemkot) Magelang, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengapresiasi aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, di halaman depan kantor Pemerintah Kota Magelang (Pemkot) Magelang, Sabtu (1/6/2019).

Meskipun tanggal 1 Juni 2019 ini jatuh pada hari Sabtu atau libur bagi ASN Pemkot Magelang yang menerapkan lima hari kerja.

"Kami sampaikan penghargaan dan apresiasi atas keterlibatan Bapak/Ibu sekalian dalam upacara Hari Lahir Pancasila l Juni 2019 ini. Karena ini merupakan ketentuan yang wajib dipatuhi," kata Sigit saat memberikan amanat upacara Hari Lahir Pancasila di halaman depan kantor Pemkot Magelang. Sabtu pagi.

Sigit sempat menyinggung beberapa peserta upacara yang belum memakai topi muts sebagai kelengkapan upacara.

Menurutnya hal itu bisa dimaklumi karena ketentuan ini termasuk baru. Ia pun memberikan toleransi agar ASN segera memilikinya sebelum peringatan HUT RI 17 Agustus 2019 mendatang.

"Saya lihat masih banyak yang belum pakai muts, tidak apa-apa, tapi sampai 17 Agustus nanti harus sudah punya. Saya yakin THR masih sisa. Pakai muts ini ketentuan. Unsur pimpinan harus memonitor. Memang ini hal yang baru," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sigit meminta kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat Kota Magelang pada umumnya untuk menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat keyakinan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Ia mengajak masyarakat untuk membangun jati diri dan watak yang pancasilais, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bangsa dan negara.

"Pancasila merupakan identitas sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua secara terus menerus harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia," paparnya, mengutip sambutan tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono.

Seperti diketahui, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila wajib diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kota. Ketentuan ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri nomor 850/4345/SJ tertanggal 8 Mei 2019.

Sebelum upacara, ASN diharuskan melakukan absensi dengan Fingerprint atau mesin absensi sidik jari.

Ada sanksi bagi ASN yang tidak mengikuti upacara tanda izin yang jelas karena dianggap melanggar perintah atasan sesuai PP 53/2010 tentang disiplin PNS/ASN.

“Semua ASN diwajibkan untuk masuk dan mengikuti upacara. Tentu, kami juga mengadakan absensi semua yang hadir ikut upacara, kami absensi di lapangan dengan Fingerprint,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono. (humaspemkotmagelang)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved