Yogyakarta

PMI DIY Optimalkan Pelayanan Selama Masa Libur Lebaran

Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama.

PMI DIY Optimalkan Pelayanan Selama Masa Libur Lebaran
net
PMI 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama.

Pelayanan ini melibatkan 854 personel termasuk dokter dan paramedis serta 23 ambulan.

Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo menjelaskan personel yang ditugaskan telah memiliki pengetahuan serta keterampilan pertolongan pertama.

Mereka akan bertugas 24 jam sehari dalam 2-3 shift perhari mulai H-7 dan H+7 di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar wilayah DIY, terminal dan seluruh markas PMI.

"Untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan PMI, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti pantai Gunungkidul dan Kulon Progo, tempat wisata di wilayah Sleman dan Bantul, Gembiraloka serta Garebeg Sawal Kraton Yogyakarta," tutur Gusti Prabu, Sabtu (1/6/2019).

PMI DIY : Pendonor Darah Turun 70% Saat Puasa

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, PMI DIY juga membentuk posko-posko bersama di beberapa titik strategis di DIY.

Selain itu PMI juga menjalin kerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY, Polres, Polsek, Kwarda DIY, Kwarcab, RAPI, ORARI, Basarnas, Poltekes Kemenkes, Unjani, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta (BBTKLPP), Rumah Sakit, Puskesmas.

Endang Pudjiastuti, selaku Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI DIY menjabarkan beberapa titik Posko PMI yang bisa diakses oleh masyarakat.

Di PMI Kota Yogyakarta misalnya, ada enam titik yakni Posko Markas PMI Kota Yogyakarta, Terminal Giwangan, Titik Nol Kilometer, Pos Perempatan Ringroad Ketandan yang dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7, sementara Pos Gembiraloka mulai 6-9 Juni 2019 dan penjagaan pertolongan pertama saat Garebeg Sawal Kraton Yogyakarta tanggal 6 Juni 2019.

PMI Kabupaten Bantul membuka posko di dua titik yakni Posko Markas PMI Kabupaten Bantul dan Pos Perempatan Ringroad Madukismo.

Personel PMI Kabupaten Bantul juga akan mobile ke jalur cino mati dan tempat-tempat keramaian di wilayah Bantul.

PMI Sleman Berikan Layanan Darah Gratis Lewat Program Lada Manis

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved