Gunungkidul

Jalur Menuju Pantai Selatan di Gunungkidul Akan Diberlakukan One Way

Polres Gunungkidul menyiapkan rekayasa lalu lintas dan mempersiapkan pos-pos pantauan di beberapa titik di jalur-jalur wisata.

Jalur Menuju Pantai Selatan di Gunungkidul Akan Diberlakukan One Way
Tribunjogja.com | Hari Susmayanti
Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kawasan pantai selatan di Kabupaten Gunungkidul diprediksi masih menjadi primadona wisatawan saat libur lebaran pada tahun 2019 ini.

Antusiasme wisatawan akan berdampak pada kemacetan pada jalur-jalur wisata Pantai Gunungkidul.

Polres Gunungkidul sendiri telah memprediksi hal tersebut, menyiapkan rekayasa lalu lintas dan mempersiapkan pos-pos pantauan di beberapa titik di jalur-jalur wisata.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko menjelaskan jalur menuju pantai akan diberlakukan one way (searah) sebagai bentuk rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Selain memberlakukan one way kami juga akan mengoptimalkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang sudah ada untuk mengurai kemacetan di daerah selatan khususnya jalur-jalur menuju wisata pantai," terangnya saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (30/5/2019).

Selain itu pihaknya juga akan mempersiapkan tiga pos pemantauan sepanjang JJLS di Gunungkidul yang nantinya menjadi titik rekayasa lalu lintas.

Mega menjelaskan jalur one way nantinya dilakukan dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) dan keluar melalui jalan Tepus.

Jelang Lebaran, Wabup Gunungkidul Jamin Ketersediaan Stok Pangan

Kapolres Gunungkidul, Ahmad Fuady mengatakan, selain fokus dalam memecah kepadatan lalu lintas, pihaknya juga fokus dalam pengamanan objek-objek wisata seperti objek wisata alam yang banyak tersebar di Gunungkidul.

"Kami juga akan melakukan pengamanan di objek wisata alam seperti Goa Pindul, Goa Tanding, dan juga wisata Pantai agar saat berwisata wisatawan merasa aman, tertib, dan jangan sampai ada kasus korban tenggelam saat bermain di pantai," katanya.

Ia menghimbau masyarakat yang akan melewati Gunungkidul untuk tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena kontur jalan yang naik turun.

Karena, menurutnya, jika memacu kendaara dengan kencang dan tidak mematuhi rambu kemungkinan akan terjadi kecelakaan.  (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved