Kota Magelang

Kemenhub Sediakan Bus Mudik Gratis ke Kota Magelang

Kota Magelang menjadi salah satu kota tujuan bus mudik lebaran gratis yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan

Kemenhub Sediakan Bus Mudik Gratis ke Kota Magelang
ist
Fasilitas atau sarana dan prasarana lalu lintas yang disediakan Dishub Kota Magelang menghadapi lebaran 1440H/2019 ini. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kota Magelang menjadi salah satu kota tujuan bus mudik lebaran gratis yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Perantau asal Kota Magelang dan sekitarnya yang berada di Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Suryantoro, menyebutkan ada dua unit bus dengan kapasitas masing-masing sekitar 50 orang yang akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menuju Kota Magelang, Sabtu, 1 Juni 2019 mendatang.

"Perantau asal Kota Magelang dan sekitarnya bisa memanfaatkan fasilitas ini, tidak dipungut biaya," kata Suryantoro, Senin (27/5/2019).

Menurutnya, fasilitas ini rutin diadakan oleh Kemenhub setiap tahun.

Namun Kemenhub baru menfasilitasi armada untuk mudik, sedangkan untuk arus balik sejauh ini belum ada.

Sementara itu, di Kota Magelang, Dishub Kota Magelang telah menyiapkan ratusan bus mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga angkutan perbatasan. Rinciannya, bus AKAP sebanyak 265 unit, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) 413 unit, taksi 36 unit, angkutan kota 335 unit,dan angkutan perbatasan 173 unit.

"Kami sudah lakukan ramchek kendaaraan AKAP dan sebagian besar telah memenuhi standar operasional," ucapnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana lalu lintas menghadapi lebaran 1440H/2019 ini, antara lain Area Traffic Control System (ATCS) sebanyak 8 titik yang dipusatkan di Dishub Kota Magelang; pelican crossing di Alun-alun, Jalan Tidar, Akmil dan SMAN 4 Kota Magelang.

Kemudian, Variable Message Sign (VMS) di simpang Kebonpolo dan Jalan Gatot Subroto, termasuk 21 titik halte yang sudah dilengkapi papan trayek.

Adapun untuk kesiapan perlengkapan jalan pada arus mudik lebaran tahun ini, sebutnya, ribuan rambu telah disiapkan mulai dari rambu lalu lintas 810 buah, RPPJ 26 buah, guardrail 160 m, APILL 18 unit, cermin tikung 170 buah, paku marka 275 buah, papan jalan nama 90 buah, hingga RPPJ portable 11 buah dan water barrier 15 buah.

"Kondisi perlengkapan jalan semua dalam keadaan baik," katanya.

Selain itu, posko angkutan lebaran tersebar di lima titik, yakni di simpang Hotel Trio, Kebonpolo, Alun-alun, Terminal Tidar dan simpang Shopping. Posko dibuka mulai 29 Mei - 15 Juni 2019. (humaspemkotmagelang)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved