Sains

Inilah Penampakan Panda Albino Pertama di Dunia

Panda yang merupakan hewan asli China Selatan ini sebenarnya tertangkap kamera inframerah pada pertengahan April saat sedang berjalan di sekitar hutan

Inilah Penampakan Panda Albino Pertama di Dunia
AFP PHOTO / HANDOUT / WOLONG NATIONAL NATURE RESERVE via Kompas.com
Foto bertanggal 20 April 2019, yang diambil melalui kamera hutan di Cagar Alam Nasional Wolong, China, menunjukkan seekor panda albino berusia satu hingga dua tahun. 

TRIBUNJOGJA.COM - Umumnya Panda memiliki bulu berwarna hitam-putih atau cokelat-putih.

Namun, belum lama ini Cagar Alam Nasional Wolong, Wenchuan, Sichuan, di barat daya China, melaporkan temuan panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) albino.

Merujuk laporan Science Alert, Selasa (28/5/2019), sebelumnya tidak pernah ada laporan keberadaan panda albino di manapun.

Ini artinya, panda albino di cagar alam Wolong adalah yang pertama tertangkap kamera.

Panda yang merupakan hewan asli China Selatan ini sebenarnya tertangkap kamera inframerah pada pertengahan April saat sedang berjalan di sekitar hutan bambu yang rimbun.

Namun baru dapat diumumkan secara resmi pekan ini.

Satu Ekor Bayi Kembar Panda Harus Diambil dari Induknya, Ini Alasannya!

Panda yang mengidap albinisme itu tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi pigmen melanin di kulit, sehingga sekujur bulunya berwarna putih pucat dengan bola mata berwarna merah.

Baik hewan dan manusia yang mengidap albinisme, umumnya menjadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari dan dapat mengganggu penglihatan.

Namun sejauh pengamatan Li Sheng, ahli mamalia besar dari Universitas Peking, panda albino yang diperkirakan berusia satu sampai dua tahun itu masih dalam keadaan baik.

"Panda yang belum diketahui jenis kelaminnya ini tampak kuat dan langkah kakinya mantap. Ini artinya keadaan albinisme tidak memengaruhi kehidupannya," ujar Li Sheng.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved