Travel

Menikmati Hidangan Kegemaran Para Raja Keraton Yogyakarta di Gadri Resto

Gadri Resto hadir untuk melestarikan resep tradisional Jawa yang saat ini dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Menikmati Hidangan Kegemaran Para Raja Keraton Yogyakarta di Gadri Resto
istimewa
Travel Agent & Media Gathering menikmati hidangan kegemaran para Raja Kraton Yogyakarta di Gadri Resto (Prince Joyokusumo’s House). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Nama Gadri Resto, mungkin masih terasa awam bagi para wisatawan.

Siapa sangka restoran yang telah berdiri 32 tahun lamanya ini telah menjadi saksi banyaknya orang - orang penting yang berkunjung untuk sekedar menikmati hidangan ala Kraton yang di racik langsung oleh sang empunya rumah.

Resep - resep yang tersedia di sini merupakan resep turun temurun Keraton yang dikumpulkan dan dibukukan oleh istri dari Gusti Joyokusumo, BRAy Nuraida Joyokusumo.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Gadri Resto yang didirikan oleh Alm GBPH Joyokusumo, yang merupakan adik kandung dari HB X ini hadir untuk melestarikan resep tradisional Jawa yang saat ini dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Gadri Resto, Restoran yang terletak di pusat kota Yogyakarta yang berdampingan langsung dengan Kraton Yogyakarta ini memiliki banyak sekali keunikan, antara lain Restoran ini merupakan satu - satunya rumah Pangeran yang dibuka untuk umum sebagai tempat makan, museum dan konsep rumah Jawa yang dapat dilihat.

Gadri resto atau bisa juga disebut Ndalem Joyokusuman yang masih bagian dari Kesultanan Yogyakarta yang dibangun pada tahun 1916 ini yang menyimpan banyak benda bersejarah Keraton.

Gadri sendiri berasal dari konsep keenam rumah Jawa.

"Beberapa menu khas yang dapat Anda temui di Gadri resto adalah Nasi Blawong yang merupakan suguhan pada saat ulang tahun HB I - HB X. Sebagai pelangkap hidangam ada daging lombok kethok, ayam bacem goreng, telor pindang goreng, sambel dan peyek teri," tutur BRAy Nuraida Joyokusumo saat ditemui Tribunjogja.com, Minggu (27/5/2019).

Peringati Hari Kartini, Raja dan Ratu Keraton Yogyakarta Lantunkan Jangan Ada Dusta di Antara Kita

Satu di antara menu kegemaran Sri Sultan HB IX lainnya yang tersedia di Gadri sebagai hidangan pembuka adalah rondho topo, pandekoek dan prawan kenes serta roti jok.

Sebagai menu penutup atau dessert, Anda bisa mencoba Manuk Nom yang terbuat dari tape ketan ijo, susu cair, telor, kemudian dikukus dan disajikan bersama emping melinjo sebagai pelengkap, Arseng, pis Kopyor.

Akan tetapi tidak lengkap rasanya jika anda belum mencoba minuman kesukaan HB IX, yaitu setup jambu dan bir jawa.

Nenek 70 Tahun Ini Terlihat Seperti Usia 30 Tahunan, Ini Rahasianya!

Kegiatan Travel Agent & Media gathering ini dilaksanakan agar semakin mempererat hubungan antara Gadri Resto dan juga Travel Agent yang mungkin selama ini kerap mengirimkan tamu - tamu baik dari Mancanegara maupun Lokal namun belum pernah bertatap muka dengan pemilik restaurant ini.

Pada kegiatan sore hari itu, para tamu undangan juga diajak untuk berkeliling rumah (House Tour) yang dijelaskan langsung oleh Tuan Rumah, BRAy Nuraida Joyokusumo.(*)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved